Sugianto Belum Pasti Ikut Debat III

  • Whatsapp
Sugianto Belum Pasti Ikut Debat III
ILUSTRASI
iklan atas

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM– Tim pemenangan pasangan calon (paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) nomor urut 2  belum bisa memastikan, apakah H Sugianto Sabran bisa mengikuti debat terakhir yang akan digelar Rabu (2/12/2020) malam ini, atau tidak.

Seperti diketahui, Sugianto mengumumkan dirinya terpapar Covid-19 pada Rabu (18/11/2020) malam lalu, sehari sebelum debat kandidat kedua, Kamis (19/11/2020), sehingga debat hanya dihadiri oleh calon wakilnya H Edy Pratowo.

Suhartono Firdaus, Sekretaris Tim Kampanye Sugianto-Edy, menyatakan, jika dilihat dari masa inkubasi penularan Covid-19, maka perlu menjalani isolasi mandiri selama 14 hari. Kalau dihitung jarak waktunya, maka isolasi sampai Rabu ini, sehingga belum bisa ikut debat terakhir.

“Belum bisa memastikan lagi, masih ada tim yang menuju ke rumah Sugianto untuk melihat hasil pemeriksaan dan lain sebagainya. Jadi, kami juga belum bisa pastikan bisa ikut atau tidak, masih diswab lagi,” kata Suhartono, Selasa (1/12/2020).

Meskipun nanti Sugianto tidak ikut debat, namun Suhartono menyampaikan paslon 2 tetap siap untuk debat, walaupun yang hadir hanya Edy Pratowo. Seperti pada debat kedua, meskipun yang hadir hanya calon wakil dari Sugianto, namun dinilai tetap unggul dalam debat melawan paslon 1.

“Siap tidak siap, harus kita siap, apakah nanti yang hadir Pak Edy sendiri atau kedua-duanya hadir harus siap semua,” tegas Suhartono.

Sebenarnya, lanjut Suhartono, Sugianto merasa tidak puas karena tidak tampil di debat II. Serangan dari paslon 1 terhadap kebijakan selama ia menjabat gubernur bersama Habib Ismail, hanya dia sendiri yang mengetahui persis bisa menjawabnya.

Sekretaris DPD Partai Demokrat Provinsi Kalteng ini menambahkan, sebenarnya tidak ikutnya Sugianto di debat merugikan karena serangan paslon 1 tentang kebijakan paslon 2 lebih mengena apabila yang menjawab itu pembuat kebijakan. Namun, karena situasi dan keadaan yang mengharuskan Sugianto menjalani isolasi mandiri, sehingga tidak mengikuti debat kedua.

Tim paslon 2 berharap, debat III ini benar-benar memberikan pencerahan dan pendidikan demokrasi yang baik kepada masyarakat. Kemudian bisa dieksplor lebih banyak lagi isu-isu pembangunan terkait dengan kesejahteraan masyarakat Kalteng.

Selain itu, pada debat terakhir ini menghindari hal-hal yang menyerang personal karena bukan bagian dari pendidikan kepada masyarakat, tetapi lebih baik mengkritisi kebijakan. Seandainya hanya tampil sendiri di debat, Suhartono yakin Edy dengan segala pengalamannya memahami persoalan di daerah bisa tampil memukau dan menjawab serangan dari paslon 1.

Sementara itu, calon Wagub Kalteng H Edy Pratowo pasangan Sugianto mengaku tidak ada persiapan khusus untuk mengikuti debat III sekaligus terakhir, Rabu ini. Sebab, materi debat I, II maupun III, semuanya berkaitan dengan kegiatan yang sudah dilaksanakan selama ini sebagai kepala daerah.

Selain itu, Edy juga siap seandainya harus mengikuti debat sendiri lagi dan juga siap mendampingi Sugianto di debat nanti. Materi pada debat III ini tidak jauh berbeda dengan apa yang selama ini sudah dilakukan di Kabupaten Pulang Pisau.

“Sama seperti mungkin yang ketiga ini masalah birokrasi reformasi, penyederhanaan, bagaimana mempermudah perizinan, memperpendek birokrasi tidak berbelit-belit. Itu kan bagian dari tindakan kami sebagai kepala daerah,” kata Edy, Selasa.

Kemudian, hal-hal lain yang dihadapi langsung sebagai pemerintah mengenai pembangunan di masyarakat. Artinya sudah menjalani semuanya, begitu juga Sugianto sebagai Gubernur Kalteng. Konsepnya itu kolaborasi apa yang sudah dilaksanakan Sugianto dan pengalaman dirinya sebagai bupati digabungkan dan diterapkan dengan disiplin ilmu regulasi yang sudah ada. yml

iklan atas

Pos terkait

iklan atas