DPD RI: Tabengan Media Independen

  • Whatsapp
DPD RI: Tabengan Media Independen
SILATURAHMI – Wakil Ketua DPD RI Dr H Mahyudin bersama sejumlah anggota lainnya berkunjung ke HU Tabengan, Palangka Raya, Sabtu (28/11/2020). TABENGAN/YULIANUS
iklan atas

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Dr H Mahyudin bersama anggotanya melaksanakan kunjungan kerja ke Harian Umum Tabengan, Sabtu (28/11/2020). Kedatangan rombongan selain silaturahmi juga berdiskusi dan saling bertukar masukan antara kedua belah pihak, khususnya menyangkut pelaksanaan Pilkada serentak di masa pandemi Covid-19.

H Mahyudin yang merupakan Senator dari Kalimantan Timur (Kaltim), didampingi beberapa anggotanya seperti Hj Yustina Ismiati, Habib Said Abdurrahman, Hasan Basri, H Bambang Santoso, Zainal Arifin, Habib Hamid Abdullah dan H Gusti Farid Hasan Aman.

Rombongan tersebut disambut secara langsung oleh Pemimpin Umum (Pimum) HU Tabengan Andrey Leonardo Narang didampingi Pemimpin Redaksi Victor Giroth, Redaktur Pelaksana (Redpel) Dody Khairi Asyadi, Manajer Iklan Ery Purwanto, Manajer Umum Daniel Mega Wismana, Manajer Keuangan Abadi Undjung dan Manajer Sirkulasi Alexander Agung.

Dalam kunjungan tersebut, rombongan DPD RI juga menyempatkan diri meninjau sarana prasarana yang terdapat di perusahaan media cetak lokal kebanggaan Kalteng ini, seperti mesin cetak dan perangkat lainnya. Juga digelar pertemuan terbatas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Wakil Ketua DPD RI H Mahyudin berharap, melalui pertemuan ini akan ada masukan dari media HU Tabengan yang nantinya dibawa ke pusat untuk dijadikan bahan regulasi ataupun pembentukan Perda. Selain itu, tentunya juga diharapkan di masa Pilkada ini HU Tabengan bisa memberikan informasi yang independen dan fakta yang bersifat positif kepada masyarakat.

Yang perlu diapresiasi, ujar Mahyudin, HU Tabengan sampai saat ini merupakan media lokal asli Kalteng yang sangat independen dan terus memberikan pemberitaan yang berimbang sesuai kaidah jurnalistik.

“Media memiliki kekuatan strategis dalam membentuk opini di tengah-tengah masyarakat. Apalagi di masa-masa menjelang Pilkada. Maka, kami berharap selain fakta serta informasi independen yang disajikan, juga memberikan edukasi positif bagi masyarakat,” ujarnya di sela-sela pertemuan itu.

Pihaknya juga membutuhkan masukan dari media dengan harapan pelaksanaan Pilkada mendatang berjalan tanpa kendala. Terkait edukasi yang mesti disampaikan, seperti pentingnya kepatuhan dari masyarakat, sosialisasi serta informasi menyangkut prokes  di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Hal itu mencakup tidak boleh berkerumun, penataan yang sesuai prokes di TPS (jaga jarak), kewajiban bermasker, tinta tetes bagi yang sudah mencoblos dan konsep-konsep penting lainnya.

Selain itu, Anggota DPD RI asal Kalteng Hj Yustina Ismiati menuturkan, Tabengan dinilai masih menjadi media yang independen, tanpa adanya kontaminasi politik dari pihak mana pun.

“Kami berharap ke depan ini terus dipertahankan, jangan sampai tidak independen yang justru memunculkan pemberitaan yang tidak berimbang. Namun, yang paling penting agar terus memberikan edukasi, baik bagi masyarakat maupun pihak-pihak lainnya, agar publikasi yang disampaikan memberikan dampak positif,” tegasnya.

Menanggapi kunjungan tersebut, Pimum HU Tabengan Andrey Leonardo Narang mengapresiasi dan menyampaikan ucapan terima kasih atas diskusi serta silaturahmi bersama jajaran salah satu media terkemuka di Kalteng ini.

Andrey juga menegaskan, Tabengan selama ini sebagai media yang independen dan terus memberikan informasi yang mengedukasi, serta akurat bagi masyarakat, khususnya di masa Pilkada Kalteng 2020 saat ini.

Tabengan menyampaikan informasinya selain di media cetak, juga eksis pada onlinenya. Ke depan, kita mulai mempersiapkan Tabengan TV yang nantinya menjadi alternatif bagi dunia broadcasting di Kalteng,” kata Andrey. drn

iklan atas

Pos terkait

iklan atas