Hak Pilih Mahasiswa Kalteng di Luar Daerah Harus Diakomodir

  • Whatsapp
Anggota Komisi I DPRD Kalteng, Toga Hamonangan Nadeak
iklan atas

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM – DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) kembali mengingatkan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk mengakomodir hak pilih Mahasiswa maupun pelajar Kalteng, yang saat ini sedang menempuh pendidikan di luar daerah.

Hal ini ditegaskan, Anggota Komisi I DPRD Kalteng, Toga Hamonangan Nadeak, ketika dibincangi Tabengan, di gedung dewan, beberapa waktu lalu. Dikatakan, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) serta memilih Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) akan diselenggarakan 9 Desember 2020 mendatang.

Seluruh masyakarat diharapkan, dapat menggunakan hak pilihnya dalam pesta demokrasi rakyat tersebut. Berkaitan dengan itu, dia meminta kepada pihak KPU untuk mendata mahasiswa ataupun pelajar asal Kalteng yang menempuh pendidikan diluar daerah.

“KPU diharapkan bisa mengakomodir dan memfasilitasi Mahasiswa kita asal Kalteng yang kuliah diluar daerah, untuk dapat menggunakan hak pilihnya. Pasalnya, informasinya Mahasiswa kita yang saat ini berada di Yogyakarta, banyak yang tidak terdata sebagai pemilih dalam pilkada tahun ini. Inikan tentu sangat disayangkan apabila generasi muda dan kaum milenial kita menjadi golput pada saat pemilihan nanti,” ujarnya.

Politisi muda dari Fraksi Partai NasDem DPRD Kalteng ini menuturkan, pihak KPU harus bisa mendorong kaum muda di Kalteng, supaya menjadi pemilih aktif, bukan menjadi apatis pada masa pilkada. “KPU harus memberikan generasi muda hak pilih untuk dapat menentukan kemajuan pembangunan Bumi Tambun Bungai. Terutama bagi mereka yang berada diluar pulau Kalimantan karena menempuh pendidikan. Jangan sampai mereka tidak mendapatkan hak pilih mereka, karena pendataan yang kurang maksimal,” tutup Toga. bob

iklan atas

Pos terkait

iklan atas