Pedagang Jangan Timbun Sembako Jelang Akhir Tahun

  • Whatsapp
Anggota Komisi B DPRD Kota Palangka Raya Ruselita
iklan atas

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM – Anggota Komisi B DPRD Kota Palangka Raya Ruselita meminta para para pelaku usaha dan pedagang jangan sampai melakukan penimbunan bahan kebutuhan pokok menjelang akhir tahun.

Sebab apabila ada terjadi penimbunan, dikhawatirkan nantinya apabila ada permintaan yang tinggi, namun ketersediaan bahan pokok terbatas, mengakibatkan terjadinya kenaikan harga.

“Jangan sampai ada gejolak harga komoditas karena ditimbun oknum pedagang. Mari sama-sama menjaga harga dan ketersedian tetap stabil, khususnya menjelang perayaan Hari Natal maupun menyambut Tahun Baru,” katanya, kemarin.

Politisi Perindo ini menerangkan, bagi oknum pedagang yang nantinya terbukti menimbun bahan pangan bisa dikenakan tindak pidana hukum sesuai aturan berlaku.

Bahkan, Tim Satgas Pangan Kota Palangka Raya diminta segera bergerak apabila ada laporan dari masyarakat mengenai harga pangan, apabila ada indikasi yang mengarah pada lonjakan drastis.

Selain ada organisasi Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) kota setempat yang turut memantau harga bahan pokok tersebut.

” Tim Satgas Pangan tentu tidak segan-segan menindak oknum yang berani memainkan harga bahan kebutuhan pokok di daerah kita. Untuk itu, sangat diharapkan partisipasi dari banyak pihak, terutama dari pihak pedagang sendiri agar tak mengambil kesempatan dalam kesempitan,” ungkapnya.

Diakui Ruselita pula, saat ini harga komoditas baik di pasar maupun di sejumlah mini market masih stabil. Kendati demikian, tidak ada salahnya jika pemerintah melakukan pengecekan di pasar.

“Antisipasi kenaikan harga sedini mungkin sangat diperlukan. Banyaknya kebutuhan menjelang libur akhir tahun dan hari raya keagamaan kerap dipergunakan oknum tak bertanggung jawab untuk meraup keuntungan sendiri,” tutupnya.rgb

 

iklan atas

Pos terkait

iklan atas