Dosen dan Mahasiswa STIKES Eka Harap Lakukan Pengabdian Masyarakat pada Ibu Hamil

  • Whatsapp
PENGABDIAN - Dosen dan Mahasiswa STIKES Eka Harap Program Studi Kesehatan Masyarakat  melakukan kegiatan pengabdian Tri Dharma perguruan tinggi di Wilayah Kerja Puskesmas Menteng pada bulan Agustus sampai dengan September 2020 lalu TABENGAN/ISTIMEWA
iklan atas

**Sebagai Upaya Persiapan Pemberian ASI Eksklusif

PALANGKA RAYA  – Dosen dan Mahasiswa STIKES Eka Harap Program Studi Kesehatan Masyarakat  melakukan kegiatan pengabdian Tri Dharma perguruan tinggi di Wilayah Kerja Puskesmas Menteng pada bulan Agustus sampai dengan September 2020 lalu.

Kegiatan pengabdian Tri Dharma Perguruan Tinggi ini dilakukan oleh tiga orang dosen, yaitu Fitriani Ningsih, SST,M.Kes, Rizki Muji Lestari, SSt,M.Kes dan Siti Santy Sianipar, S.Kep,M.Kes dan satu orang Praktisi Hypnobreastfeeding, yaitu Bidan Saktilasari, S.Tr.Keb,SKM serta mahasiswa STIKES Eka Harap Prodi Kesehatan Masyarakat.

Kegiatan ini digelar sebagai upaya persiapan ibu hamil trimester III dalam memberikan ASI secara Eksklusif.

Air Susu Ibu (ASI) merupakan makanan yang terbaik untuk bayi, karena ASI memiliki komposisi gizi yang paling lengkap untuk pertumbuhan dan perkembangan yang dibutuhkan selama enam bulan pertama kehidupan bayi.

Pada waktu lahir sampai beberapa bulan setelahnya, bayi belum memiliki sistem pertahanan tubuh yang sempurna, sehingga dengan pemberian ASI bayi jarang sakit, karena ASI memiliki unsur zat kekebalan yang belum dimiliki oleh bayi.

Dalam Pemberian ASI tidak semua ibu bisa memberikan ASI secara Eksklusif. Salah satu kendala utamanya adalah kondisi fisik dan psikologi ibu nifas. Rendahnya kepercayaan diri ibu akan keberhasilan menyusui dapat menurunkan produksi ASI Ibu. Kondisi ini sangat menghambat pengeluaran ASI sehingga berdampak pada risiko kegagalan tercapainya ASI Eksklusif.

Oleh sebab itu, kegiatan ini diberikan kepada ibu hamil trimester III  atau ibu hamil menjelang persalinan sebagai upaya persiapan ibu dalam memberikan ASI secara Eksklusif

Kegiatan ini digelar di tengah kondisi pandemi Covid-19, namun tidak mengendurkan semangat para ibu dalam menerima informasi  yang disampaikan oleh narasumber.

Program kegiatan yang digelar ini bersifat simulation, sehingga dengan adanya kegiatan ini diharapkan para ibu hamil trimester III nantinya dapat melakukan Hypnobreast feeding secara mandiri di rumah sebagai upaya untuk mempersiapkan ibu menyusui secara Eksklusif.ist

 

iklan atas

Pos terkait

iklan atas