ABSEN DEBAT II- KPU: Ketidakhadiran Sugianto Sesuai Aturan

  • Whatsapp
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalteng Harmain
iklan atas

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM- Calon Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) nomor urut 2 H Sugianto Sabran tidak hadir dalam debat publik II Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Kalteng, beberapa hari lalu. Ketidakhadiran Sugianto disebabkan harus menjalani isolasi mandiri akibat terpapar Covid-19.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalteng Harmain menjelaskan, ketidakhadiran calon dalam debat kandidat memang sudah diatur dalam Peraturan KPU. Tepatnya PKPU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Peraturan KPU Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan KPU Nomor 4 Tahun 2017 tentang Kampanye Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pasal 22 ayat 4.

Bunyinya, kata Harmain, pasangan calon yang tidak mengikuti debat publik atau debat terbuka karena alasan kesehatan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) huruf b, dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter. Berdasarkan aturan tersebut, calon nomor urut 2 yang tidak bisa mengikuti debat II dengan alasan kesehatan, wajib menyampaikan surat keterangan.

“Surat keterangan sudah diterima KPU sebelum dilaksanakannya debat. Terdapat beberapa surat yang disampaikan ke KPU Kalteng perihal tidak hadir debat II. Ada surat resmi yang disampaikan tim, dibarengi dengan surat keterangan dari RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya, yang dilampirkan pula dengan surat hasil pemeriksaan laboratorium,” kata Harmain, saat menjelaskan surat keterangan yang wajib diserahkan karena tidak ikut debat, Selasa  (24/11/2020), di Palangka Raya.

Harmain melanjutkan, adanya surat keterangan dan hasil pemeriksaan laboratorium, sehingga ketidakhadiran calon gubernur nomor urut 2 dalam debat, tidak menyalahi aturan. Surat keterangan yang diserahkan ke KPU Kalteng sebelum debat, disaksikan secara langsung oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kalteng. ded

 

 

iklan atas

Pos terkait

iklan atas