Harati Siap Hadapi Debat Kandidat II

  • Whatsapp
iklan atas

SAMPIT/TABENGAN.COM- Sukses pada debat I, pasangan Calon Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor dan Irawati siap menghadapi debat kandidat II yang akan dilaksanakan di Jakarta 30 November mendatang.

Cabup Kotim Halikinnor dirinya sudah sangat siap mengikuti debat kandidat kedua seperti pada saat debat kandidat yang pertama.

“Debat kandidat pertama tidak ada masalah, dan untuk kedua nanti pun saya sudah sangat siap,” ujarnya Selasa (24/11/2020).

Dikatakan Halikinnor, dirinya bersama Irawati tidak memiliki persiapan khusus untuk tampil pada debat kedua nantinya. Hanya saja ia agak sedikit ekstra untuk menjaga kesehatan. Terlebih saat ini angka kasus Covid-19 di Kotim tergolong tinggi.

“Hanya menyiapkan kondisi kesehatan dengan minum multivitamin. Karena kalau kondisi kita fit kita mau apapun enak,” katanya.

Selain itu ia juga mengutarakan bahwa dirinya bersama Irawati pada debat kandidat pertama sangat menguasai apa-apa saja pertanyaan yang disodorkan. Sebab dirinya mengaku sangat mengerti apa saja yang menjadi permasalahan daerah. Termasuk merealisasikan program-program yang mungkin dilaksanakan.

“Saya mengamati paslon lain merancang program yang tidak sesuai kemampuan APBD. Padahal untuk merancang program kita harus tahu betul kemampuan APBD sehingga tidak bisa sembarangan,”tegasnya.

Ia mencontohkan seperti pada masa pandemi Covid-19 seperti ini penerimaan Dana Alokasi Khusus (DAK) pasti akan banyak terpotong. Namun meskipun anggaran terbatas, seorang pimpinan daerah harus memiliki kepiawaian dalam mensiasati kondisi itu. Selain itu seorang kepala daerah juga harus benar-benar dapat menghitung anggaran terutama mana yang menjadi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan mana yang tidak.

“Menyusun program itu sangat penting sekali apalagi dengan anggaran cukup terbatas seorang kepala daerah harus mampu membuat program yang menyesuaikan dengan kemampuan APBD,” terangnya. c-may

iklan atas

Pos terkait

iklan atas