Isolasi Mandiri, Sugianto Berjemur Tiap Hari

  • Whatsapp
Calon Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran bersama isteri
iklan atas

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM– Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H Sugianto Sabran yang saat ini sedang cuti karena maju dalam Pilkada Kalteng, hingga sekarang masih menjalani isolasi secara mandiri karena terpapar Covid-19.

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Doris Sylvanus Palangka Raya drg Yayu Indriaty menyampaikan, sampai saat ini Sugianto belum dinyatakan sembuh dari Covid-19, sehingga menjalani isolasi mandiri di rumah. Kondisi umum normal dan hasil laboratorium juga menunjukkan reaksi imunitas bekerja dengan baik.

“Masih cek lab saja, belum ada jadwal swab. Saat ini masih isolasi mandiri di rumah beliau. Tidak ada terapi khusus. Olahraga dan berjemur tiap hari. Rutin cek darah lengkap dan melakukan diet sehat atau banyak makan sehat saja agar imun meningkat,” kaya Yayu, Senin (23/11/2020).

Tim medis belum bisa memastikan kapan Sugianto sembuh dari Covid-19. Mereka hanya bisa berharap dan berdoa agar bisa cepat pulih dan segera beraktivitas kembali. Kemudian kalau ada yang bertanya mengapa isolasi mandiri, masyarakat dipersilakan untuk baca Peraturan Menteri Kesehatan tentang Isolasi Mandiri.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng dr Suyuti Syamsul menyampaikan, pada kondisi isolasi mandiri dengan gejala ringan dan sedang tidak ada swab followup, hanya perlu isolasi mandiri minimal 10 hari dan 14 hari bagi yang bergejala. Setelah itu bisa beraktivitas kembali dengan protokol kesehatan.

“Tim medis tidak bisa memprediksi kapan seseorang yang kena Covid bisa sembuh, bahkan ada yang berkali-kali diswab, masih saja positif. Jadi kami tidak bisa menjanjikan kapan seorang pasien Covid bisa sembuh,” kata Suyuti.

Sembuh atau tidaknya itu sesuai dengan perkembangan pasien itu sendiri. Tidak ada target waktu untuk urusan sembuh. Terkait dengan isolasi mandiri, itu sudah diatur dalam Permenkes, apalagi pada Orang Tanpa Gejala (OTG) itu ada aturan dasar hukumnya berupa peraturan tentang Pengendalian Covid-19 Nomor HK.01.07/MENKES/413/2020 dari Kemenkes RI. yml

iklan atas

Pos terkait

iklan atas