LOGISTIK PILGUB KALTENG- 881 Box Surat Suara Sudah Didistribusikan

  • Whatsapp
LOGISTIK PILGUB KALTENG- 881 Box Surat Suara Sudah Didistribusikan
LOGISTIK- Tim Logistik KPU Kalteng bersama Bawaslu Kalteng dan Polda Kalteng memantau distribusi logistik surat suara Pilgub Kalteng dan Pilbup Kotim. ISTIMEWA
iklan atas

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Tengah (Kalteng) sudah mendistribusikan surat suara yang dipergunakan untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Kalteng. Terdapat 1.744.868 lembar surat suara yang dicetak oleh PT Temprina Media Grafika, yang beralamat di Gresik, selaku pemenang tender pencetakan surat suara untuk Pilgub Kalteng dan Pilbup Kotawaringin Timur.

Ketua KPU Kalteng Harmain menjelaskan, total surat suara yang dicetak sebanyak 1.744.868 tersebut, terdiri atas 1.698.449 surat suara yang dicetak sesuai dengan daftar pemilih tetap (DPT) Kalteng, dan 2,5 persen surat suara tambahan. Pengadaan logistik untuk Pilgub Kalteng sudah selesai dan didistribusikan ke 13 kabupaten dan 1 kota. Distribusi mulai dilakukan pada Jumat (20/11/2020) pukul 14.00 WITA di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin Depo SPIL Kalimantan Selatan.

Harmain melanjutkan, pelepasan logistik yang sudah diterima itu disaksikan oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kalteng, bersama dengan Polda Kalteng, dan juga Tim Logistik KPU Kalteng. Pelepasan distribusi surat suara dilakukan secara seremonial, dengan disaksikan oleh seluruh jajaran tersebut, demi memberikan transparansi.

“Rinciannya, ada 5 rute sistem pendistribusian surat suara. Rute 1 terdiri atas Kabupaten Barito Selatan, Barito Utara, Barito Timur dan Murung Raya. Rute 2 terdiri atas Kabupaten Kotawaringin Timur, dan Seruyan. Rute 3 terdiri dari Kabupaten Kapuas, Pulang Pisau, dan Palangka Raya. Rute 4 Kabupaten Gunung Mas, dan Rute 5 atau rute terakhir Kabupaten Katingan, Kotawaringin Barat, Lamandau, dan Sukamara,” kata Harmain, dalam rilisnya yang diterima di Palangka Raya, Minggu (22/11).

Setiap rute, lanjut Harmain, surat suara didistribusikan dengan menggunakan sistem box. Terdapat total 881 box yang digunakan untuk mendistribusikan surat suara. Rinciannya, 137 box surat suara ke Kotim, 133 box surat suara ke Kapuas, 94 box surat suara ke Palangka Raya, 91 box surat suara ke Kobar, 55 box surat suara ke Katingan.

Masing-masing 50 box surat suara ke Barsel, Barut, dan Seruyan. Kemudian, kata Harmain, 49 box surat suara ke Pulpis, 41 box surat suara ke Gumas, 39 box surat suara ke Bartim, 38 box surat suara ke Mura, 35 box surat suara ke Lamandau, dan 19 box surat suara ke Sukamara.

Pada Minggu (22/11), lanjut Harmain, seluruh surat suara sudah selesai didistribusikan, titik terakhir distribusi adalah Sukamara. Surat suara yang sudah diterima, dilakukan pelipatan sesuai dengan SK kabupaten dan kota, yang mengacu pada SK KPU Kalteng nomor 315/PP.09.2-SD/62/Prov/XI/2020 tanggal 20 November 2020 dan berpedoman pada Keputusan KPU No.421/HK.03-Kpt/07/KPU/IX/2020.

Proses sortir dan lipat surat suara masing-masing KPU kabupaten dan kota memerhatikan protokol Covid-19. Petugas dan pengawas pelaksanaan sortir dan lipat surat suara wajib mengunakan alat pelindung diri (APD) seperti masker, juga mempergunakan hand sanitizer, dan jaga jarak aman. Mengecek suhu petugas sortir dan lipat secara berkala. ded

iklan atas

Pos terkait

iklan atas