Jelang Natal Kebangsaan, Polda Gelar Donor Darah

3

Tabengan.com – Ratusan anggota Polda Kalteng dan TNI-AD ikut kegiatan donor darah bersama di Aula Arya Dharma Mapolda Kalteng, Rabu (20/12) pagi. Donor darah dengan menggandeng PMI Kalteng ini dalam rangka Perayaan Natal Kebangsaan yang digelar Polda Kalteng pada Rabu (27/12) mendatang.

Seakan tidak mau kalah dengan personelnya, seluruh pejabat utama Polda Kalteng juga turut menyumbangkan darahnya sebagai bentuk bakti sosial (Baksos). Terpantau, beberapa pejabat yang ikut mendonorkan darah seperti Dirlantas Kombes Pol Eko Waluyo, Kasat Brimob Kombes Pol Amostian, Kabid Propam AKBP Sakeus Ginting, Dir Narkoba Kombes Pol Agustinus, dan AKBP Jukiman Situmorang. Sedangkan Kapolda Kalteng Brigjen Pol Anang Revandoko berhalangan mendonorkan darahnya karena alasan medis.

Sekretaris Panitia Natal AKBP Jukiman Situmorang mengatakan, bakti sosial donor darah merupakan rangkaian acara Natal Kebangsaan yang di-inisiasi oleh Kapolda Kalteng Brigjen Pol Anang Revandoko. Targetnya adalah 1000 pendonor.

“Untuk mencapai target itu kita akan lakukan roadshow selama satu minggu hingga perayaan puncak Natal Kebangsaan 27 Desember mendatang,” katanya.

Dia menyebut, hari ini (kemarin) sudah ada 300 pendonor, baik dari personel Polda Kalteng dan TNI, lalu ditambah dengan instansi lain. Hanya saja kendalanya PMI kekurangan tenaga, sehingga harus dilakukan bertahap.

“Kita akan pro aktif ke tempat-tempat, baik organisasi kepemudaan, universitas dan perkantoran, sehingga kegiatan donor darah dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan,” sebutnya.

Jukiman menjelaskan, bakti sosial donor darah dipilih dalam rangkaian perayaan Natal Kebangsaan karena sangat dibutuhkan bagi pasien yang ada di rumah sakit dan sebagainya. Dimana pendonor dalam hal ini tanpa membedakan suku dan agama.

“Sesuai arahan dari Kapolda Kalteng, kegiatan donor darah harus bisa menjangkau semua elemen masyarakat, sehingga sekat-sekat diskriminasi harus dieliminir,” ungkapnya.

Seluruh Masyarakat Bersatu
Pada 27 Desember 2017 nanti ribuan masyarakat dari berbagai elemen, baik agama, suku maupun lainnya bakal bersatu. Semua akan memadati halaman Polda Kalteng untuk memeriahkan perayaan Natal bertajuk Natal Kebangsaan.

“Bapak Kapolda Kalteng Brigjen (Pol) Anang Revandoko sudah merancang sedemikian rupa Natal Kebangsaan. Puncaknya 27 Desember. Sebab itu kami mengundang masyarakat Kalteng, baik kabupaten maupun kota, untuk bersama-sama merayakan pesta Natal Kebangsaan ini demi persatuan dan kesatuan,” kata Jukiman yang juga Irbid Ops Itwasda Polda Kalteng.

Dia menuturkan puncak Natal Kebangsaan akan diisi dengan kegiatan ibadah. Kemudian menyalakan obor dan lain sebagainya dengan konsep kebangsaan. Selain itu, kegiatan yang akan dihadiri semua tokoh juga akan diisi artis nasional.

“Semua undangan kita imbau mengenakan pakaian adat masing-masing,” pesannya.
Mantan Kapolres Palangka Raya dan Kapuas ini menambahkan, puncak Natal Kebangsaan diperkirakan akan dihadiri lebih dari 4.000 orang. Hal ini juga sesuai dengan jumlah bingkisan yang telah disiapkan Polda Kalteng.

“Ini adalah konsep Natal Kebangsaan yang pertama di Kalteng dan mungkin juga di Indonesia. Semua ini merupakan ide brillian Kapolda Kalteng Brigjen (Pol) Anang Revandoko,” tuturnya. fwa

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here