Ditemukan saat Jaga Malam, Trenggiling Diserahkan ke BKSDA

  • Bagikan
Seekor trenggiling yang ditemukan warga saat jaga malam akhirnya diserahkan ke BKSDA Pos Sampit. ARBIT SAFARI

SAMPIT/TABENGAN.COM- Seekor trenggiling yang merupakan satwa dilindungi, ditemukan Ariadi warga yang sedang jaga malam di Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kotawaringin Timur, Jumat (13/11/2020) lalu. Satwa langka tersebut kemudian diserahkan ke BKSDA Pos Sampit, Rabu (18/11/2020).

Ariadi menceritakan, saat itu ia dan 2 kawannya sedang bertugas jaga malam. Lokasi ditemukannya trenggiling berada di halaman Disbudpar Kotim yang merupakan kawasan padat arus lalu lintas. Dia berinisiatif menyelamatkan hewan dilindungi tersebut, agar jangan sampai ditemukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

“Melihat kondisi trenggiling yang agak lemah, saya sempat membawanya ke dokter hewan untuk diperiksa kesehatannya,” terangnya, Kamis (19/11/2020).

Lima hari setelah ditemukan, Ariadi kemudian menyerahkannya kepada pihak BKSDA Pos Sampit. Penyerahan ditandai dengan penandatanganan beria acara serah terima trenggiling.

Komandan BKSDA Pos Sampit Muriansyah mengungkapkan, trenggiling tersebut akan dibawa ke Pangkalan Bun untuk dilakukan pemeriksaan dan rehabilitasi.

“Jika dinyatakan sehat, maka hewan itu akan langsung dilepasliarkan di kawasan Suaka Margasatwa Lamandau,” tandasnya.

Trenggiling adalah salah satu satwa langka yang banyak diburu. Bagian tubuh satwa ini yang kerap diincar adalah sisiknya, sehingga warga diminta bersama-sama menjaga populasi hewan langka tersebut dengan menyerahkannya kepada pihak berwenang. c-arb

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *