Debat Pilgub II, Moderator Harus Tegas

  • Whatsapp
Debat Pilgub II, Moderator Harus Tegas
Ketua KPU Kalteng Harmain dan Komisioner Bawaslu Kalteng Siti Wahidah
iklan atas

**Besok Malam Ini di iNews TV

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM- Debat kandidat kedua Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Kalimantan Tengah (Kalteng) akan digelar di Jakarta, Kamis (19/11/2020) malam ini mulai pukul 19.30 WIB. Berbeda dengan yang pertama, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalteng Harmain meminta moderator memiliki ketegasan dalam menjalankan debat.

Harmain mengatakan, moderator harus tegas dalam memimpin jalannya debat. Pasangan calon (paslon) diminta fokus untuk memaparkan visi misi dalam membangun Kalteng. Tidak ada statement yang keluar dari materi yang sudah disampaikan. Debat I menjadi bahan evaluasi, agar ke depan debat II yang dilaksanakan sesuai dengan aturan debat yang ditetapkan.

“Materi debat sudah disampaikan ke publik, yakni Ekonomi dan Kesejahteraan Masyarakat Kalteng. Kedua paslon diharapkan untuk dapat menyampaikan visi misinya sesuai dengan tema debat. Kami akan menegaskan kepada moderator untuk mengingatkan paslon terkait tata tertib debat, sehingga pelaksanaan debat dapat berjalan dengan aman dan lancar,” kata Harmain per telepon, Rabu (18/11/2020).

Menurut Harmain, moderator bisa mengingatkan kepada setiap paslon jika ada mengeluarkan pernyataan yang bersifat menyerang pribadi paslon lain. Debat kandidat Pilgub dilaksanakan dengan tujuan meraih simpati masyarakat melalui program-program yang ditawarkan kepada masyarakat, bukan untuk menyerang paslon lain.

Harapan serupa juga disampaikan Komisioner Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kalteng Siti Wahidah. Debat II kali ini diharapkan fokus pada penyampaian visi misi masing-masing paslon, bukan saling menyerang antarpaslon. Bawaslu Kalteng berharap, debat II yang dilaksanakan di Jakarta lebih berbobot.

“Debat kadidat diharapkan betul-betul bisa lebih berbobot, dengan adu gagasan dalam visi misi untuk membawa kalteng lebih baik ke depan. Jangan sampai di debat kandidat tahap 2 ini, paslon gubernur dan wakil gubenur saling serang dan saling pancing cerita masa lalu,” kata Siti.

Seluruh masyarakat Indonesia dapat menyaksikan debat kandidat II ini di iNews TV secara live. Semoga kedua kandidat calon Gubernur dan Wagub Kalteng dapat memberikan sedikit pencerahan kepada seluruh masyarakat yang menyaksikan jalannya debat.

Terlebih dalam memaparkan visi misi, dan gagasan program yang akan dilaksanakan pada 5 tahun ke depan. Kedua kandidat tetap berbicara profesional dan santun, sehingga masyarakat tidak salah lagi dalam memberikan hak suaranya pada 9 Desember 2020 mendatang. ded

iklan atas

Pos terkait

iklan atas