• Whatsapp
Ketua DPRD Barito Selatan HM Farid Yusran
iklan atas

Ketua DPRD Barito Selatan HM Farid Yusran

Defisit Anggaran, Pembayaran Multiyears Ditunda

BUNTOK- Ketua DPRD Barito Selatan HM Farid Yusran menyebutkan daerah mengalami defisit sebesar Rp83,3 miliar pada APBD Perubahan tahun 2020. Untuk itu  dewan meminta pemkab setempat agar menunda pembayaran 7 paket proyek pembangunan multiyears 2020

Defisit anggaran multiyears 2020 tersebut terungkap dalam paparan yang disampaikan oleh Tim Anggaran Pemerintah Dearah (TPAD) pada rapat Kebijakan Umum Perubahan Anggaran dan Belanja (KUPA) serta Plafon Prioritas Anggaran Sementara perubahan (PPAS), belum lama ini.

Farid Yusran mengatakan, total defisit anggaran 2020 sebesar Rp 83,3 miliar itu, bila melihat dari hasil kesepakatan bersama beberapa waktu lalu antara legislatif dan eksekutif, hanya disepakati sebesar Rp 38,1 miliar. Defisit tersebut bisa ditutup dengan utang kepada pihak ketiga, maka defisit anggaran masih tersisa sebesar Rp45,2 miliar.

Menurutnya, kini pemerintah daerah mengalami defisit sebesar Rp83,3 maka hanya bisa dibayar sebesar Rp38,1 miliar. Sedangkan sisanya sebesar Rp45,2 miliar tidak bisa dibayar karena tidak ada uangnya.” Untuk itu solusinya menunda pembayaran terhadap 7 proyek multiyears ke tahun 2021 mendatang,” kata Farid, kemarin.

Di sisi lain, kata Farid, pekerjaan proyek multiyears tahun 2020 belum selesai 100 parsen pengerjaannya, sehingga kemungkinan putus kontrak dan pembayarannya disesuaikan dengan kemajuan pekerjaan. Artinya ada kemungkinan pembayaran tidak sampai Rp 45,2 miliar, karena pembayaranya disesuaikan dengan volume pekerjaannya hingga akhir Desember 2020 mendatang.

Politisi PDIP Barsel ini menyebutkan, sebenarnya jumlah defisit anggaran tidak sebesar angka tersebut. Apabila pada saat pelakansaan refocusing anggaran, pihak eksekutif mau serius menyisihkan anggaran untuk menutupi defisit yang sudah ada. Untuk itu dewan tidak sepakat kalau defisit sebesar sebesar Rp45,2 ditutup dengan utang. Karena hal tesebut sebenarnya bisa disisihkan melalui rasionalisasi dan refocusing anggaran kemarin.c-lis

 

iklan atas

Pos terkait

iklan atas