Logistik Pilgub Tiba di KPU

  • Whatsapp
Logistik Pilgub Tiba di KPU
LOGISTIK- Logistik untuk pelaksanaan Pilgub Kalteng terus diawasi, melibatkan Bawaslu Kalteng dan Polda Kalteng. Saat ini logistik yang sudah sampai adalah kotak suara dan sedang dilakukan perakitan dengan pengawalan ketat pihak kepolisian, Minggu (15/11).ISTIMEWA
iklan atas

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimatan Tengah (Kalteng) Harmain menyampaikan beberapa hal terkait dengan persiapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Kalteng, salah satunya logistik. Pengadaan logistik Pemilu dilakukan dengan beberapa metode sesuai yang telah ditentukan oleh KPU RI.

Dijelaskan Harmain, logistik Pemilu terdiri dari surat suara, kotak suara, bilik, tinta, segel, kabel ties, lembar daftar pasangan calon, template disabilitas, buku panduan, sampul-sampul dan formulir.

Harmain melanjutkan, sampai saat ini logistik yang telah diterima oleh KPU Kabupaten/Kota berupa kotak suara, tinta, segel dan kabel ties. Logistik lain termasuk surat suara masih dalam proses pengadaan dan pembuatan.

“Jumlah DPT sebanyak 1.698.449 dan 6.045 TPS, total surat suara yang dicetak ditambah 2,5 persen adalah sebanyak 1.744.868. Surat suara yang dicetak sebanyak jumlah pemilih di dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) ditambah surat suara cadangan sebanyak 2,5 persen dari jumlah DPT di tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS). Juga dicetak 2.000  lembar surat suara yang dipersiapkan jika harus dilakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU),” kata Harmain dalam keterangan persnya terkait persiapan logistik Pilgub Kalteng, Minggu (15/11).

Kotak suara untuk 6.045 TPS, sebut Harmain, telah dikirimkan ke seluruh KPU Kabupaten/Kota, dan dilakukan perakitan sebagai persiapan awal. Seluruh kotak suara yang telah dirakit, disimpan di gudang dijaga selama 24 jam oleh pihak keamanan untuk memastikan tidak terjadi gangguan.

Beberapa kotak yang ketika dirakit ternyata rusak atau tidak memenuhi standar yang telah ditetapkan telah dimintakan penggantian. Total kotak suara yang diterima dan dinyatakan baik adalah 5.993 dan masih ada kekurangan 52 kotak.

Khusus untuk surat suara, lanjut Harmain, saat ini telah dilakukan proses pencetakan di PT Temprina Media Grafika beralamat di Gresik dengan lokasi produksi surat suara untuk Kalteng di Malang. Perusahaan tersebut merupakan perusahaan nasional yang mendapat tender pencetakan surat suara untuk 85 daerah pemilihan, yakni 2 provinsi dan 83 kabupaten dan kota. Seluruh proses pencetakan surat suara dan distribusinya diawasi oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan pihak Polda Kalteng sesuai ketentuan untuk memastikan setiap proses berjalan sesuai aturan.

Distribusi surat suara, kata Harmain, akan dilakukan langsung ke KPU Kabupaten/Kota, pengirimannya dilakukan lewat jalur laut berupa kontainer dari Surabaya ke Banjarmasin, dan langsung diteruskan ke kabupaten dan kota. Diperkirakan dalam satu minggu ke depan surat suara ini akan sudah tiba di KPU Kabupaten/Kota dan bisa dilakukan penyortiran dan pelipatan surat suara.

Logistik yang dikirim, kata Harmain, tidak hanya untuk Pilgub. Ada pula logistik untuk mengantisipasi dan mencegah penularan virus Covid-19. Seperti sarung tangan, masker, termogun, hazmat, hand sinitizers, sabun cuci tangan, disinfektan, masker kain, sarung tangan plastik, tisu, kantong plastik sampah, face shield, semprotan atau sprayer, dan tempat cuci tangan.

Sampai saat ini semua proses pengadaan logistik masih berjalan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. KPU Kalteng dengan dukungan dari para pihak yakin bahwa pada saatnya logistik Pemilu dapat digunakan sesuai dengan ketentuan. ded

iklan atas

Pos terkait

iklan atas