Doni Ajak Refleksikan Nilai Perjuangan Pahlawan

  • Whatsapp
Doni Ajak Refleksikan Nilai Perjuangan Pahlawan
Ketua DPRD Murung Raya Doni Andin
iklan atas

PURUK CAHU/TABENGAN .COM- Ketua DPRD Murung Raya Doni Andin memaknai  Hari Pahlawan merupakan bentuk penghargaan sebagai generasi penerus bangsa, terhadap pahlawan yang dengan rela menumpahkan darahnya untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Tanggal 10 November ditetapkan sebagai Hari Pahlawan pertama kali oleh Presiden Soekarno melalui Keputusan Presiden No.316/1959. Ditetapkannya Hari Pahlawan pada 10 November guna mengenang peristiwa dan perjuangan pahlawan-pahlawan bangsa dalam upaya mempertahankan kemerdekaan terhadap kolonialisme dan imperalisme di Indonesia.

“Adanya pahlawan-pahlawan yang rela mengorbankan seluruh tumpah darahnya untuk Indonesia, membuat kita sekarang ini bisa merasakan kemerdekaan. Maka sebagai generasi penerus bangsa wajib meneladani nilai-nilai perjuangan dari para pahlawan bangsa,” kata Doni, Selasa (10/11/2020).

Mengejawantahkan nilai-nilai kepahlawanan saat ini, menurut Doni, tidak harus dengan mengangkat senjata dan tidak pula harus turun ke medan perang. Namun, yang perlu dimaknai adalah sifat dan sikap kepahlawanan yang dapat diteladani melalui perjuangan pahlawan bangsa.

Apalagi di masa pandemic Covid-19 seperti sekarang, menjadi problem bersama baik bagi pemerintah nasional maupun daerah. Maka dari itu, momentum Hari Pahlawan mampu membuat generasi penerus bangsa meneruskan nilai-nilai dan semnagat juang para pahlawan, dengan berjuang bersama melawan pandemic Covid-19.

“Sifat dan sikap pahlawan yang bisa diteladani oleh generasi penerus bangsa adalah perjuangannya membela bangsa dan negara. Bung Karno pernah berkata, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawan. Maka dari itu mari kita gotong royong meneruskan perjuangan para pahlawan untuk berkontribusi memutus mata rantai Covid-19,” tutupnya.c-sjs

 

 

iklan atas

Pos terkait

iklan atas