Hari Pahlawan Momentum Lanjutkan Perjuangan Bangsa

  • Whatsapp
Hari Pahlawan Momentum Lanjutkan Perjuangan Bangsa
Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K Yunianto
iklan atas

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM – Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K Yunianto berharap agar peringatan Hari Pahlawan yang jatuh setiap tanggal 10 November, tak sekadar kegiatan seremonial belaka.

Justru sebaliknya, selain untuk mengenang jasa dan pengorbanan para pahlawan, peringatan Hari Pahlawan harus dijadikan momentum melanjutkan perjuangan bangsa.

“Sebuah ungkapan mengatakan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati pahlawannya. Ungkapan ini mengingatkan sekaligus mengajak kita untuk melanjutkan perjuangan dan cita-cita para pejuang kemerdekaan, para pahlawan bangsa,” kata Sigit, Senin (9/11/2020).

Meski perjuangan kemerdekaan telah usai, menurut politisi Fraksi PDI Perjuangan itu, pengayatan dan pengamalan nilai-nilai kepahlawanan tak pernah selesai.

Pahlawan di masa berjuang mengusir penjajah yang melakukan penindasan, tindakan sewenang-wenang, serta merampas sumber daya alam Indonesia.

“Saat ini Indonesia sudah merdeka, sudah tidak ada penjajah dalam arti fisik. Namun, perjuangan belum selesai. Masih ada penjajahan dalam bentuk lain yang harus kita merdekakan,” ingatnya.

Termasuk di Kota Cantik, Sigit menilai masyarakat membutuhkan sosok-sosok pahlawan yang berjuang untuk membebaskan kebodohan, kemiskinan, serta mengokohkan persatuan dan kesatuan bangsa. Terlebih, budaya asing yang terus berupaya mengintervensi dan memecah belah.

“Kemerdekaan yang kita nikmati saat ini adalah buah perjuangan dan anugerah Tuhan Yang Maha Esa. Cara kita untuk mensyukurinya, melanjutkan perjuangan, menjadi pahlawan untuk melawan kemiskinan, kebodohan, dan kemajuan bangsa,” ajak Sigit.rgb

iklan atas

Pos terkait

iklan atas