Harati akan Kembangkan Industri Agrowisata di Kotim

  • Whatsapp
Harati akan Kembangkan Industri Agrowisata di Kotim
BERSAMA - Calon Bupati Kotawaringin Timur, H. Halikinnor dan Irawati Calon Wakil Bupati Kotawaringin Timur. TABENGAN/ISTIMEWA
iklan atas

SAMPIT/TABENGAN.COM-Pasangan calon bupati Kotawaringin Timur H. Halikinnor dan calon wakil bupati Irawati atau pasangan Harati sudah mempunyai konsep yang jelas dan terencana untuk mengembangkan industri agrowisata di Kabupaten Kotawaringin Timur.  Industri agrowisata dinilai mempunyai prospek yang cerah di Kabupaten Kotim.

Calon bupati Kotawaringin Timur, H. Halikinnor mengungkapkan, salah satu lokasi yang cocok untuk pengembangan industri agrowisata ini adalah di Kelurahan Tanah Mas Kecamatan Baamang.

“Kelurahan Tanah Mas sangat besar potensinya. Pertama letaknya tidak jauh dari ibukota kabupaten. Artinya nanti bila kita kembangkan otomatis orang dari Kota Sampit tidak jauh ke sini,” jelasnya.

Selain itu, lokasi Kelurahan Tanah Mas juga berada di ruas trans Kalimantan, sehingga akan dilalui oleh pengguna jalan dari luar Kotawaringin Timur.

Saat ini, terangnya, untuk pengembangan agrowisata di Tanah Mas ini tinggal memperbaiki infrastruktur. “Di Tanah Mas ini juga ada kolam atau danau yang bisa dikembangkan untuk mendukung agrowisata ini,” ungkapnya.

Dalam agrowisata ini, jelasnya, nantinya bisa ditanam dengan berbagai macam jenis buah-buahan yang bernilai ekonomis tinggi. Misalnya jambu kristal, durian, jeruk, nanas, rambutan dan jenis buah-buahan lainnya.

Untuk jambu kristal dan durian sendiri sudah banyak ditanam oleh warga di daerah Kelurahan Tanah Mas. “Jambu kristal ini termasuk yang menjadi andalan kita di Kabupaten Kotawaringin Timur. Yang sudah banyak memproduksi ada di Lintang Batang untuk sumber penghasilan masyarakat di luar pekerjaan pokok dan ini akan kita kembangkan,” terang Halikinnor.

Halikinnor di Pilkada Kotawaringin Timur tahun 2020 ini maju berpasangan dengan Irawati. Keduanya merupakan perpaduan birokrat dan politikus. Halikinnoor memiliki latar belakang sebagai ASN di lingkungan Pemkab Kotim.

Sejumlah jabatan penting pernah didudukinya. Seperti Camat Kotabesi dan MB Ketapang, Kabag Ekonomi Setda Kotim, Asisten II Setda Kotim hingga terakhir sebagai Sekretaris Daerah Kotawaringin Timur. Dia juga aktif di berbagai organisasi, baik itu organisasi kemasyarakatan, keagamaan maupun olahraga.

Sedangkan Irawati merupakan politikus PDI Perjuangan Kabupaten Kotawaringin Timur. Dia sebelumnya berhasil duduk sebagai anggota DPRD Kalimantan Tengah dari daerah pemilihan Kotim dan Seruyan. Irawati juga aktif di beberapa organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan. c-arb

 

 

iklan atas

Pos terkait

iklan atas