Waspada! Liquid Rokok Elektrik Ilegal

  • Whatsapp
Waspada! Liquid Rokok Elektrik Ilegal
LIQUID - Pegawai KPPBC TMP Pulang Pisau saat menunjukkan liquid berisikan nikotin suntik hasil penindakan. ISTIMEWA
iklan atas

Bea Cukai Amankan 60 Liquid Nikotin Suntik

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM – Maraknya penggunaan rokok elektrik atau kerap dipanggil Vape di Kota Palangka Raya, ternyata dimanfaatkan sejumlah oknum masyarakat untuk melakukan aktivitas ilegal. Seperti halnya pengungkapan yang dilakukan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai TMP C Pulang Pisau di Palangka Raya, beberapa waktu lalu.

Setidaknya 60 botol liquid vape berbagai rasa disita dari sebuah toko di Jalan G Obos, Kota Palangka Raya. Dari penindakan tersebut petugas mengamankan seorang pria berinisial HA (21) selaku penjual. Puluhan botol liquid tersebut diamankan setelah nikotin yang terkandung didalamnya merupakan hasil suntikan.

Kasi Penyidikan dan Penindakan (P2) Bea Cukai, Firman, mengatakan nikotin yang disuntikkan ke dalam cairan liquid sangat berbahaya bagi masyarakat dan penggunanya. Hal ini disebabkan tidak jelasnya kadar nikotin yang disuntikkan ke cairan. “Kita kenakan denda adminiStrasi berdasarkan Pasal 11 Undang-undang Bea Cukai dan membayar kerugian negara sebesar Rp20 juta,” ucapnya didampingi Kasubsi Indak, Yudha, Jumat (06/11/2020).

Dari hasil pemeriksaan, perbuatan ilegal yang dilakukan HA telah berlangsung sejak April 2020.  “Mengingat nikotin yang disuntikkan tersebut merupakan bahan kimia, maka diperlukan seseorang yang ahli dan takaran yang jelas. Ini tentunya merugikan negara karena terkait cukai dan juga kesehatan masyarakat,” tegasnya. fwa 

 

 

iklan atas

Pos terkait

iklan atas