Halikinnor Akan Jadikan Kotim  Penyuplai Cabai Rawit

  • Whatsapp
Halikinnor Akan Jadikan Kotim  Penyuplai Cabai Rawit
BERBINCANG-Halikinnor saat berbincang dengan warga di Kelurahan Tanah Mas Kecamatan Baamang, belum lama tadi. TABENGAN/MAYA SELVIANI
iklan atas

SAMPIT/TABENGAN.COM-Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) diproyeksi untuk menjadi daerah penghasil komoditas cabai di tahun 2021 mendatang. Faktor luasnya lahan potensial untuk menanam cabai, diyakini dapat menjadikan Kotim sebagai daerah penyuplai cabai baik untuk kebutuhan lokal sampai di seluruh wilayah Kalimantan Tengah (Kalteng).

Halikinnor menuturkan kebutuhan cabai di Kalteng tiap tahunnya terus meningkat. Untuk memenuhi kebutuhan maka beberapa pedagang besar memasok cabai dari luar daerah seperti Kalsel dan juga dari Pulau Jawa.

“Bila kondisi iklim kurang mendukung dan adanya gagal panen di daerah sentra produksi maka akan berdampak pada terhambatnya distribusi cabai ke Kalteng dan memicu terjadinya lonjakan harga di pasaran,” ujar Halikinnor, Kamis (5/11/2020).

Menurut Halikinnor yang maju dalam Pilkada Kotim berpasangan dengan Irawati itu jika ditinjau dari aspek luasan wilayah dan jumlah penduduk, Kotim merupakan wilayah yang potensial untuk didorong menjadi penghasil cabai bagi Kalteng.

Dia menambahkan Pemkab Kotim, memiliki visi dan misi yang sama ingin mengembangkan Kotim menjadi wilayah penyuplai cabai kedepannya sehingga bisa terjalin koordinasi yang baik.

Sejumlah langkah strategis yang sudah dilakukan menurutnya diantaranya mengembangkan demplot kaji terap pengembangan cabai merah yang berlokasi salah satunya di Kelurahan Tanah Mas, Kecamatan Baamang.

Dia mengharapkan keberhasilan kelompok tani tersebut dapat memberikan efek positif dengan munculnya lagi kelompok tani yang juga berhasil mengembangkan tanaman pangan.Ia berkeinginan hal tersebut dapat terus dikembangkan supaya pasokan cabai bisa terus dipenuhi dari lokal dan petani Kotim pun lebih sejahtera karena hasil panennya yang terus laku dipasaran. Peluang menanam cabai di kawasan Kalteng dinilainya sangat menjanjikan. Dengan jumlah konsumsi cabai di Kalteng yang terus menerus meningkat. “Ini peluang usaha yang sangat menjanjikan apalagi kebutuhan kita masih banyak, ini kesempatan bagi petani untuk terus berproduksi,saya akan dukung pengembangan ini,” katanya. c-may

 

 

iklan atas

Pos terkait

iklan atas