Tim Pengabdian FK UPR Edukasi Masyarakat Pulpis Cegah Covid-19

  • Whatsapp
Tim Pengabdian FK UPR Edukasi Masyarakat Pulpis Cegah Covid-19
MELAWAN COVID-19 - Demonstrasi langkah-langkah mencuci tangan yang baik oleh Tim Pengabdian Fakultas Kedokteran di Desa Henda, Kecamatan Jabiren Raya, Kabupaten Pulang Pisau, Rabu, (4/11/2020).ISTIMEWA
iklan atas

PULANG PISAU  – Di tengah masa pandemi Covid-19 ini, staf dosen FK UPR terus aktif dalam melaksanakan kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi, salah satunya  adalah melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Mengingat semakin meningkatnya kasus infeksi Covid-19 di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), maka Tim Pengabdian Fakultas Kedokteran yang di Ketuai oleh dr. Ratna Widayati, M.Biomed, dengan 8 anggota, yaitu drg. Helena Jelita, MM., MDSc., Sp.Perio, DR. dr. Nathalia Sri Martani, M.Si, drg. Agnes Frethernety, M.Biomed, dr. Herlina Eka Shinta, M.Biomed., Sp.PA, dr. Angeline Novia Toemon, M.Imun, dr. Agnes Immanuela Toemon, Sp,ParK, dr. Anna Marthea Veronica dan dr. Uusara, Sp.Rad, melaksanakan kegiatan penyuluhan terkait Infeksi SARs CoV-2 (Covid-19) kepada warga Desa Henda, Kecamatan Jabiren Raya, Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis), yang dilaksanakan pada hari Rabu, 4 November 2020 pukul 10.00 WIB, di Balai Desa Henda, yang dihadiri oleh 20 peserta warga Desa Henda.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kewaspadaan masyarakat tentang Covid-19, dan bagaimana cara mencegah penularan penyakit tersebut, sehingga masyarakat memiliki perilaku hidup bersih dan sehat, dimana hal ini adalah salah satu kunci dalam mencegah penyebaran penyakit ini.

Kegiatan ini dilasanakan dengan menyelaraskan pada situasi dan kondisi yang ada dengan terus memperhatikan protokol kesehatan ditempat kegiatan berlangsung, yaitu dengan membatasi jumlah peserta dengan mempertimbangkan ukuran ruangan, seluruh peserta dan tim pengabdian memakai masker atau faceshield, mencuci tangan sebelum memasuki ruang kegiatan dan menjaga jarak.

Kegiatan ini hanya berlangsung selama 50 menit, sehingga tidak melanggar  protokol kesehatan, dengan tujuan supaya tidak ada kontak yang terlalu lama yang merupakan salah satu faktor risiko penularan Covid-19.

Kedatangan Tim Pengabdian FK UPR disambut secara langsung oleh Kepala Desa Henda, Teguh dan Sekretaris Desa Henda, Bp. Siel. Dalam sambutannya kepala desa menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi, dan sangat mendukung  kegiatan ini. Kepala Desa juga berharap, melalui kegiatan ini, kesadaran masyarakat Desa Henda terhadap bahaya Covid-19 dapat meningkat, sehingga Desa Henda tetap terbebas dari Covid-19.

Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk ceramah interaktif, yang berbasis pada peningkatan pengetahuan, kesadaran serta kepedulian terhadap bahaya Covid 19, dilanjutkan dengan demonstrasi langkah-langkah mencuci tangan yang sesuai standart WHO, pembagian leaflet yang berisi informasi tentang Covid-19, pembagian bingkisan peserta berupa sarana dan prasarana mencuci tangan serta masker.

Dengan harapan supaya warga selalu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan keluarga dan masyarakat, sebagai salah satu upaya mencegah penularan Covid-19, dan mendukung upaya pemerintah Provinsi Kalteng dalam menekan angka kejadian Covid-19.ist

iklan atas

Pos terkait

iklan atas