Masyarakat Dukung Ben-Ujang untuk Jaga Budaya

  • Whatsapp
Masyarakat Dukung Ben-Ujang untuk Jaga Budaya
FOTO BERSAMA-Masyarakat Desa Pondok Damar foto bersama dengan Ujang Iskandar, belum lama ini.TABENGAN/ISTIMEWA
iklan atas

PALANGKARAYA/tabengan.com -Ujang Iskandar, memenuhi undangan untuk menghadiri upacara tiwah di Desa Pondok Damar, Mentaya Hilir Utara, Kotawaringin Timur (Kotim). Kedatangan Ujang selain memenuhi undangan juga sebagai bentuk apresiasi terhadap ritual upacara tiwah .
Niat dari Ujang Iskandar tersebut mendapat dukungan dan apresiasi penuh dari masyarakat Desa Pondok Damar. Salah satunya adalah Manto yang menyelenggarakan upacara Tiwah. “Walaupun ini adalah ritual adat tapi beliau sangat mendukung dalam pelaksanaan tiwah ini. Saya sangat mengapresiasi itu,” ucap Manto.
Lebih lanjut, Manto menganggap karena sudah masuk ke dalam fase new normal akhirnya ia mengadakan upacara tiwah untuk almarhum ibunya. Manto pun merasa bangga Ujang Iskandar dapat memenuhi undangannya.
“Karena sudah new normal, kami mengundang Pak Ujang Iskandar. Bersyukur beliau bisa hadir dan berkenan datang ke Desa Pondok Damar,” ujar Manto.
Di sisi lain Ujang berjanji akan terus membantu menjaga upacara tiwah sebagai budaya. Ujang pun memastikan akan terus menyempatkan undangan acara  tersebut yang datang kepadanya.
Ujang menunjukan bahwa dengan memenuhi undangan acara ini yang diberi kepadanya adalah bentuk penghormatan kepada leleuhur dan budaya . Selain tentunya cara untuk mempertahankan dan melestarikan budaya. “Kami akan terus mendukung kegiaatan ritual ini sebagai budaya yang harus dilestarikan,” ucap Ujang. ist

iklan atas

Pos terkait

iklan atas