LOMBA MUSIK ETNIK PEDALAMAN – Pelajar Diajak Lestarikan Seni Budaya

  • Whatsapp
LOMBA MUSIK ETNIK PEDALAMAN - Pelajar Diajak Lestarikan Seni Budaya
Kepala UPT Taman Budaya Suraji
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Upaya pelestarian budaya terus dilakukan pemerintah Kalimantan Tengah (Kalteng) oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalteng melalui UPT Taman Budaya. Dukungan pemerintah pusat dan daerah dalam hal penyediaan gedung seni pertunjukan dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh Taman Budaya dalam mendukung upaya pelestarian seni dan budaya di Kalteng.

Kepala UPT Taman Budaya Suraji, menjelaskan, sarana dan prasarana yang tersedia mampu dimanfaatkan secara maksimal oleh banyak kalangan. Baik oleh lembaga pemerintah, maupun pelajar, mahasiswa, bahkan sampai pada para pemilih sanggar tari dan paguyuban. Animo para pengguna seni pertunjukan terbuka ini tentu sangat membanggakan.

Fasilitas yang ada, kata Suraji, memang diberikan kesempatan untuk menggunakannya, dan gratis. Selama ini, ada cukup banyak pelajar, bahkan kalangan umum yang memesan untuk bisa menggunakan gedung seni pertunjukan itu. Ini tentunya sebuah kabar yang menggembirakan, karena animo yang begitu besar dari pelajar, masyarakat umum, bahkan lembaga pemerintah.

“Animo ini tidak ingin dilepaskan begitu saja, UPT Taman Budaya menggelar lomba musik etnik pedalaman tingkat umum dan pelajar. Harapan besar, lomba ini tidak saja menyalurkan animo yang begitu besar, tapi juga bentuk dukungan dalam pengembangan potensi seni budaya yang dimiliki para generasi muda,” kata Suraji, Jumat (30/10/2020) di Palangka Raya.

Suraji lanjutkan, lomba ini juga menjadi ajang untuk mengasah kemampuan, dan mendapatkan pengalaman, termasuk pelestarian seni dan budaya Kalteng yang begitu terkenal. Pelestarian dan pewarisan merupakan satu dari sekian agenda rutin yang terus dilakukan pemerintah alam upaya terus mempertahankan seni dan budaya.

Generasi muda khususnya pelajar, ungkap Suraji, sasaran utama dalam pelestarian seni dan budaya Kalteng. Ditangan mereka keberlanjutan seni budaya diwariskan untuk terus dipertahankan. Lomba adalah salah satu upaya dan dukungan yang bisa diberikan pemerintah dalam memacu dan memicu perkembangan seni budaya di Kalteng.

Terakhir, ungkap Suraji lagi, pelestarian bukan semata menjadi tanggung jawab para orang tua saja, tapi ada peranan generasi penerus pula. Bakat, minat, dan potensi yang dimiliki haruslah disalurkan dengan sebaik mungkin. Potensi yang dimiliki akan mampu memberikan prestasi yang membanggakan, baik orang tua, maupun daerah. Sebab itu, teruslah berkarya meskipun usia muda.ded

 

iklan atas

Pos terkait

iklan atas