Dewan Nilai Pentingnya Pembinaan Manajerial Usaha

  • Whatsapp
Dewan Nilai Pentingnya Pembinaan Manajerial Usaha
Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya Nenie A Lambung
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com –  Diketahui, berdasar hasil survei Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menunjukkan jika 94,69 persen pelaku usaha UMKM di tanah air mengalami penurunan penjualan sejak pandemi.

Bahkan, survei ini menyebut 49,01 persen pelaku usaha sektor ultra mikro telah mengalami penurunan penjualan lebih dari 75 persen.

Menanggapi itu, Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya Nenie A Lambung mendukung kesinambungan pemulihan ekonomi melalui pelatihan manajerial maupun pengembangan sumber daya manusia (SDM) untuk pelaku usaha UMKM, seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Palangka Raya sejak beberapa waktu lalu.

Dikatakannya, Pemerintah pusat maupun pemerintah daerah telah menggelontorkan berbagai stimulus bagi sektor usaha dalam Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Mulai dari subsidi bunga kredit, restrukturisasi kredit, penjaminan kredit, hingga Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) yang menyasar kebutuhan pembiayaan bagi segmen ultra mikro.

“Saya yakin pelaku usaha juga perlu dukungan dari sisi pengelolaan bisnis dan pengembangan UMKM, baik berupa pelatihan manajerial, pembukuan, maupun akses pemasaran produk,” kata Nenie saat dibincangi awak media, belum lama ini.

Ia menilai, perkembangan sektor usaha UMKM saat ini begitu massif. Sehingga pengelolaan sistem manajerial usaha yang baik, diyakini mampu memberikan manfaat secara berkelanjutan.

Di sisi lain, lanjut Politisi PDI Perjuangan ini, pemerintah didorong mengembangkan UMKM dengan memanfaatkan teknologi untuk pemasaran.

“Termasuk juga bantuan kemudahan memberi izin usaha, pelatihan, membantu permodalan hingga membantu promosi. Potensi UMKM di Kota Palangka Raya ini sangat beragam, tidak hanya makanan tapi juga ada usaha kain seperti kerajinan, industri kecil atau rumahan. Pembinaan, pengawasan hingga pengembangan tidak boleh berhenti,” harapnya.rgb

 

iklan atas

Pos terkait

iklan atas