HU Tabengan Juara I Wajah Bahasa Media Massa Se-Kalteng

  • Whatsapp
HU Tabengan Juara I Wajah Bahasa Media Massa Se-Kalteng
TABENGAN JUARA- Kepala Balai Bahasa Kalteng Valentina Lovina Tanate MHum saat menyerahkan penghargaan kepada juara I Wajah Bahasa 2020 kategori media massa se-Kalteng kepada HU Tabengan yang diterima Pimred HU Tabengan Victor Giroth di Aula Balai Bahasa Kalteng di Palangka Raya, Sabtu (24/10). ISTIMEWA
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com Pemimpin Redaksi Harian Umum Tabengan Victor Giroth menerima penghargaan dan hadiah dari Kepala Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah Valentina Lovina Tanate, setelah HU Tabengan menjadi juara pertama Wajah Bahasa Kalteng kategori media massa tahun 2020 di Aula Kantor Balai Bahasa Provinsi Kalteng di Jalan Tingang, Palangka Raya, Sabtu (24/10/2020).

Dalam acara penghargaan itu, Balai Bahasa Kalteng memberikan Penghargaan Wajah Bahasa dalam tiga kategori, kategori instansi pemerintah, lembaga swasta dan media massa.

Untuk kategori media massa, pemenangnya ada 6 media, masing-masing  HU Tabengan pemenang I, Kalteng Pos pemenang II, Prokal.co pemenang III, Palangka Post pemenang IV, Borneo News pemenang V dan  Kalteng Today pemenang VI.

Sedangkan kategori institusi pemerintah, pemenang I diraih Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kotawaringin Timur, pemenang II Dinas Pendidikan Kapuas, pemenang III Sekretariat Daerah Kotawaringin Barat, pemenang IV Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Barito Utara, pemenang V Dinas Pendidikan Seruyan dan pemenang VI Sekretariat Daerah Gunung Mas.

Kemudian kategori lembaga swasta, pemenang I diraih Aquarius, pemenang II Nascar Family, pemenang III Swissbell Hotel Danum, pemenang IV Bahalap, pemenang V Neo by Aston dan pemenang VI Grand Sakura.

Kepala Balai Bahasa Kalteng Valentina Lovina Tanate mengatakan, penghargaan ini merupakan program dari salah satu rangkaian kegiatan Bulan Bahasa, dan puncak Bulan Bahasa ini pada tanggal 28 Oktober 2020 mendatang.

Menurut Valentina, pemberian penghargaan ini sangat penting untuk diberikan kepada instansi pemerintah, lembaga swasta dan media massa yang telah menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Sebab, setiap bahasa ada kaidahnya yang mengatur, seperti sekarang ini Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Pedoman ini disusun untuk menyempurnakan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan (PUEYD).

Selain itu, jelas Valentina, sebagai lembaga yang membidangi masalah bahasa pihaknya melaksanakan kegiatan ini adalah baru pertama kali dan diharapkan ke depannya akan terus berlanjut.

Sementara, Ketua Juri Kategori  Media Massa Dr Diplan SPd MPd menjelaskan, nilai tertinggi dilihat dari konsistensi media massa menggunakan kaidah-kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar.

HU Tabengan memperoleh nilai tertinggi karena dinilai sangat konsisten dalam setiap terbitannya. Pemantauan kami lakukan selama dua minggu diambil dari sampel terbitan semua media massa,” kata Diplan saat berbincang dengan Pimred HU Tabengan Victor Giroth usai pelaksanaan acara penghargaan.

Seperti diketahui, selain penghargaan juara pertama Wajah Bahasa se-Kalteg periode 2020, HU Tabengan juga pernah meraih penghargaan tingkat nasional 2018. HU Tabengan masuk dalam 10 besar nasional pengguna bahasa Indonesia yang baik dan benar. vgo/hil

 

iklan atas

Pos terkait

iklan atas