Kapolda Awasi Kesiapan Semua Polres

  • Whatsapp
Kapolda Awasi Kesiapan Semua Polres
KUNJUNGAN- Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo saat mengunjungi Rumah Betang di Desa Pasir Panjang, Kecamatan Arut Selatan. TABENGAN/YULIANTINI
iklan atas

 

PANGKALAN BUN/tabengan.com– Dalam rangka menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah pada tanggal 9 Desember 2020, Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo melakukan kunjungan ke Kabupaten Kotawaringin Barat, Minggu (25/10).

Kapolda mengatakan, pelaksanaan Pilkada Kalteng ini menjadi atensi yang besar bagi Polda Kalteng dan jajaran Polres di 14 kabupaten dan Kota, mengingat Pilkada ini harus disukseskan dan harus berjalan damai.

“Demi menyukseskan Pilkada serentak pada 9 Desember 2020 nanti, saya selaku Kapolda meninjau persiapan apa saja yang sudah dilakukan oleh Polres dan jajaran di Kobar,” katanya.

Menurut Kapolda, apa yang dilakukan Polres Kobar selama ini cukup baik dalam menjaga kamtibmas dan menjalin komunikasi yang baik dengan para tokoh. Terbukti dalam pertemuan yang digelar di Rumah Betang, banyak yang hadir dan mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Polres.

“Ini sangat penting untuk menjaga kekondusifan di daerah, harus dirangkul semuanya. Supaya daerah ini aman,” tegas Kapolda.

Termasuk adanya dukungan Pilkada damai, Kapolda juga mengapresiasi tokoh di Kobar. Karena dengan adanya pernyataan Pilkada damai ini ke depan tidak ada lagi perpecahan dan perselisihan. Semua orang punya hak untuk memilih dalam pesta demokrasi.

Selain itu, menjelang libur panjang ini juga dipantau, mengingat Kobar pintu masuk dan keluar Kalteng. Diharapkan, masyarakat lebih baik di rumah saja dalam libur panjang karena saat ini di mana-mana masih pandemi Covid-19.

“Untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona dan mencegah penularan, lebih baik di rumah saja waktu libur panjang,” imbau Kapolda.

Selain memantau persiapan Pilkada, kunjungan Kapolda Kalteng ke Kobar juga melakukan peresmian renovasi situs budaya Rumah Betang di Pasir Panjang. Pasalnya, situs budaya ini harus tetap dilestarikan.

“Situs budaya ini wajib kita jaga. Termasuk kita renovasi jika ada kerusakan, agar ke depannya terus lestari untuk diperlihatkan ke anak cucu kita nanti. Karena Rumah Betang filosofi tertinggi di Kalteng, di mana kita harus hidup toleransi dan menyelesaikan masalah secara musyawarah mufakat,” jelas Kapolda.

Polda Kalteng sendiri mempunyai komitmen untuk ikut menjaga situs budaya di Kalteng. Sudah ada situs budaya yang diresmikan, salah satunya Rumah Betang di Desa Pasir Panjang di Kobar. Nantinya bakal ada situs budaya di daerah yang dilakukan renovasi agar ke depannya bisa terjaga dan lestari. Karena setiap daerah mempunyai situs budaya masing masing.c-uli

 

iklan atas

Pos terkait

iklan atas