2.988 Personel Polda Kalteng Amankan TPS

  • Whatsapp
2.988 Personel Polda Kalteng Amankan TPS
Kabid Humas Kombes Pol H Hendra Rochmawan
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com- Sebanyak 2.988 personel Polda Kalteng dikerahkan untuk mengamankan Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pilkada serentak 9 Desember mendatang. Sedangkan kekuatan pengamanan Pemilu 2020, dari Polda dan Polres jajaran sebanyak 4.724 personel. Terbagi dari dua per tiga kekuatan Polda Kalteng 1.734 personel dan dua per tiga kekuatan 14 Polres jajaran 2.990 personel.

Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo melalui Kabid Humas Kombes Pol Hendra Rochmawan mengatakan, 2.998 personel akan mengamankan TPS yang tersebar di 6.045 titik. Dari evaluasi dan pengamatan yang dilakukan, terdapat 4.984 TPS yang dikategorikan sebagai TPS Kurang Rawan, lalu 1.053 TPS Rawan, 4 TPS Sangat Rawan dan 4 TPS Khusus.

“Dari jumlah tersebut personel kita sebar, untuk TPS Kurang Rawan terdapat 2016 personel, TPS Rawan 953 personel dan TPS Sangat Rawan 19 personel. Bagi anggota yang terlibat pengamanan Pilkada 2020 kita wajibkan untuk rapid test dan pemberian imun tubuh,” katanya didampingi Kabag Kerma Roops AKBP Heri Kiswanto, Jumat (23/10/2020).

Dalam menjalankan pengamanan di TPS, Polda Kalteng menetapkan pola pembagian kekuatan di tiap-tiap kategori TPS. Untuk TPS Kurang Rawan terdapat 2 anggota Polri di 4 TPS dengan 8 linmas. TPS Rawan terdapat 1 anggota Polri di tiap TPS dengan 2 linmas, dan TPS Sangat Rawan terdapat 2 anggota Polri di 1 TPS dengan 2 linmas.

Adapun potensi kerawanan saat ini yang tengah memasuki tahapan kampanye yakni protes dari pasangan calon, partai politik maupun tim sukses kepada penyelenggara Pilkada. Bentrok antartim pendukung hingga berujung perusakan alat peraga hingga pelanggaran lainnya.

“Dari potensi ini kita melakukan beberapa penindakan seperti menggalang para pendukung paslon dan tim sukses agar tertib dalam kampanye, deteksi dini terhadap kemungkinan adanya ancaman dan gangguan, patroli cyber di medsos hingga pengaturan dan penjagaan lalu lintas di lokasi tempat kampanye,” tuturnya. fwa

iklan atas

Pos terkait

iklan atas