Teras Apresiasi Sinergi Polri/TNI dan Pemerintah Kecamatan Bukit Batu

  • Whatsapp
Teras Apresiasi Sinergi Polri/TNI dan Pemerintah Kecamatan Bukit Batu
Kegiatan reses anggota DPD RI Agustin Teras Narang di Kecamatan Bukit Batu, Kota Palangka Raya, Kamis (22/10/2020). ADINATA
iklan atas

Apresiasi ini disampaikan Teras Narang dalam kegiatan reses virtual yang digelar di Aula Kantor Kecamatan Bukit Batu, Kota Palangka Raya, Kamis (22/10/2020).

Teras mengaku terkesan berkaitan dengan urusan hukum yang dilakukan pihak Polsek Bukit Batu, terutama setelah beberapa anak yang kesulitan akses internet dalam masa pandemi seperti sekarang, belajar difasilitasi belajar di Kantor Polsek tersebut sesuai protokol kesehatan.

“Apresiasi atas langkah pengayoman Polsek Bukit Batu terhadap dukungan akses sinyal bagi pendidikan daring di wilayah kerjanya. Patut menjadi teladan bagi yang lain untuk mencari solusi bagi kebutuhan masyarakat, khususnya bagi akses pendidikan generasi penerus kita,” ujar Teras.

Gubernur Kalimantan Tengah periode 2005-2015 itu pun mengaku bahwa semangat sinergi pemerintahan daerah dan pemangku kepentingan terkait inilah yang terus didorongnya selama reses ini. Pihaknya pun mengaku bangga, apalagi perhatian pada sektor pendidikan merupakan komitmennya sejak dulu.

“Saya terharu, karena pendidikan juga adalah salah satu prioritas yang senantiasa saya dorong diperbaiki dan dijaga selama saya pernah memimpin di Kalimantan Tengah,” ujarnya.

Semua ini tak lepas dari sinergi yang baik antara Polsek Bukit Batu dengan pemerintah kecamatan Bukit Batu, TNI, lembaga adat serta jajaran kelurahan di wilayah tersebut. Sehingga dampaknya terasa pada upaya penanganan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi.

Berdasarkan paparan Hendrikus Satrya Budi selaku Camat Bukit Batu dan Iptu Muludin SSos selaku Kapolsek Bukit Batu, sinergi pemerintahan bersama aparat ini berjalan dengan baik karena komunikasi yang baik antar pimpinan dan jajaran masing-masing lembaga.

Beberapa aksi seperti sosialisasi, razia masker dan langkah pencegahan bersama pandemi Covid-19 lainnya terus berjalan selama ini.

Semua ini tak lain sebagaimana disebut oleh Camat Bukit Batu, untuk memastikan penanganan pandemi juga sejalan dengan pemulihan ekonomi. Sebagaimana upaya pemerintahan secara nasional dalam menjaga situasi negara dalam masa pandemi.

Dalam reses ini, Teras yang gemar mendorong pembangunan daerah termasuk lewat lagu Mamangun Tuntang Mahaga Lewu juga menyerap aspirasi soal penataan ruang dan pertanahan.

Pihaknya pun menerima laporan terkait perkembangan bahwa ada kelurahan juga yang dulunya merupakan daerah transmigrasi dengan Surat Keputusan Gubernur pada tahun 1990-an namun bermasalah karena adanya Surat Keputusan Menteri Kehutanan no 529/Mehut-II/2012 yang tidak konsisten dengan aturan dari pemerintah sebelumnya. Hal ini disebut memicu perubahan status hutan di Kalteng. Menimbulkan ketidakpastian hukum bagi masyarakat yang sejatinya melakukan transmigrasi karena program pemerintah sendiri.

Untuk itu pihaknya pun mengaku akan menindaklanjuti berbagai laporan dan aspirasi yang diterimanya. Terlebih beberapa bulan terakhir, hal ini juga jadi perhatian Komite I DPD RI.

“Bersama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, kami akan terus upayakan mencari solusi terkait isu penataan ruang dan pertanahan yang ada di Kateng,” ujarnya.

Teras pun berharap agar lebih jauh, Pemerintah desa dan kelurahan, kecamatan dan lembaga adat diharapkan melakukan inventarisasi dan pemetaan agar dapat pihaknya perjuangkan dengan data yang ada.

Sepanjang reses ini, Teras pun menerima juga harapan masyarakat terkait pembangunan infrastruktur jalan yang berdampak luas pada sektor pendidikan dan pengembangan ekonomi masyarakat, soal dukungan akan tenaga guru beserta insentifnya, hingga berbagai perkembangan terkini peran lembaga adat di wilayah itu. adn

iklan atas

Pos terkait

iklan atas