KPU akan Lelang Cetak Surat Suara Pilgub

  • Whatsapp
KPU akan Lelang Cetak Surat Suara Pilgub
Ketua KPU Kalteng Harmain Ibrahim
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com- Tahapan demi tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Kalimantan Tengah (Kalteng) terus berjalan. Sekarang ini, masing-masing pasangan calon (paslon) sedang melaksanakan tahapan kampanye. Masing-masing paslon mendapatkan kesempatan yang sama untuk meyakinkan masyarakat agar memilih paslon yang diinginkan.

Di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalteng sendiri ada tahapan yang sedang dipersiapkan, yakni persiapan pencetakan surat suara Pilgub Kalteng.

Ketua KPU Kalteng Harmain mengatakan, prosesi pencetakan surat suara Pilgub Kalteng belum dilakukan. Tahapan yang sudah dilakukan adalah menerima foto ataupun contoh gambar yang akan dicetak di surat suara nantinya.

Kedua paslon, jelas Harmain, sudah menyerahkan foto dan spesimen yang akan dilakukan pencetakan tersebut. Apa yang diterima ini, sudah disampaikan ke KPU RI. KPU RI akan melakukan lelang, siapa saja yang ingin ikut ambil bagian dipersilakan. Pemenang lelang akan dipastikan memang memenuhi persyaratan yang ditentukan.

“Detail syarat peserta lelang, itu sudah ditentukan. Pemenang lelang nantinya akan dilakukan peninjauan secara langsung ke lokasi pemenang lelang. Jajaran KPU Kalteng akan langsung meninjau lokasi tempat pemenang lelang nantinya, untuk memastikan pemenang itu memang refresentatif dalam mencetak surat suara untuk Pilgub Kalteng,” kata Harmain, di Palangka Raya, Kamis (22/10).

Sebelum dicetak keseluruhan, jelas Harmain, contoh surat suara yang dicetak akan dilakukan pemeriksaan bersama-sama. Melibatkan Bawaslu Kalteng dan masing-masing paslon untuk memastikan pencetakan sudah sesuai dengan keinginan paslon. Sebelumnya penyerahan foto dan spesimen surat suara sudah ditandatangani masing-masing paslon.

Pencetakan surat suara, ungkap Harmain, ditargetkan dilaksanakan pada akhir Oktober 2020. Bagaimanapun mekanisme lelang berupa catalog, sehingga lelang bertahap dilakukan. Nanti diketahui siapa yang akan menjadi pemenang. Pencetakan dilakukan di Jakarta nantinya. ded

iklan atas

Pos terkait

iklan atas