6 Ruko dan 5 Rumah Hangus

  • Whatsapp
6 Ruko dan 5 Rumah Hangus
TERBAKAR- Kobaran api yang menghanguskan ruko di Jalan AIS Nasution Kuala Pembuang, Kabupaten Seruyan, Selasa (20/10) malam. ISTIMEWA
iklan atas

**Kebakaran di Seruyan dan Katingan

KUALA PEMBUANG/tabengan.com– Kebakaran melanda kawasan Jalan AIS Nasution Kompleks Ruko Pertokoan di Kuala Pembuang, Kabupaten Seruyan, Selasa (20/10) pukul 21.30 WIB. Sebanyak 6 unit ruko dan 1 unit rumah terbakar, dengan kerugian diperkirakan sekitar Rp1 miliar.

Saksi mata di lokasi kejadian menyebutkan, kobaran api pertama kali muncul dari salah satu rumah toko (ruko), kemudian sangat cepat menjalar ke bangunan lainnya karena kobaran angin yang cukup kencang dan sebagian bangunan terbuat dari  kayu.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Seruyan Dibel melalui Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Kebakaran Nanang Kosim mengatakan, pihaknya menurunkan sebanyak 3 unit mobil pemadam kebakaran ditambah 2 unit dari BPBD Seruyan dan 1 unit mobil AWC dari Polres Seruyan.

Selain menurunkan seluruh mobil damkar yang dimiliki, juga beberapa pompa apung turut digunakan untuk mempercepat proses pemadaman dan menghindari kobaran api menjalar ke bangunan lainnya.

Kobaran api berhasil dikuasai sekitar 1,5 jam kemudian atau sekitar pukul 23.15 WIB. Setelah padam, petugas damkar masih melakukan proses pendinginan di lokasi.

“Berdasarkan data yang dihimpun, sebanyak 6 unit ruko dan 1 unit rumah terbakar dengan kerugian diperkirakan sekitar Rp1 miliar,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Seruyan Yulhaidir meninjau secara langsung lokasi kebakaran yang terjadi di Jalan AIS Nasution Kuala Pembuang, Rabu siang.

Bupati Seruyan didampingi Kepala Pelaksana BPBD Seruyan Agung Sulistiyono melihat langsung kondisi rumah dan ruko milik warga yang terbakar, juga turut diserahkan bantuan kepada korban kebakaran.

Yulhaidir berharap, dengan diserahkannya bantuan ini dapat membantu meringankan beban warga yang mengalami musibah.

“Mudah-mudahan bantuan yang hari ini diserahkan dapat  membantu meringankan beban warga kita yang mengalami musibah kebakaran,” ungkap Yulhaidir.

Bupati menyampaikan rasa keprihatinan atas musibah kebakaran yang terjadi dan berharap warga yang mengalami musibah ini diberikan kesabaran dan ketabahan.

 

Tabung Gas Meledak

Sehari sebelumnya, Senin (19/10) sekitar pukul 11.00 WIB, musibah kebakaran juga terjadi Desa Dehes, Kecamatan Sanaman Mantikei, Kabupaten Katingan. Empat rumah warga desa setempat hangus terbakar, kerugian ditaksir mencapai Rp600 juta.

Kapolsek Sanaman Mantikei Iptu I Wayan Wiratmaja Swetha membenarkan adanya musibah kebakaran tersebut. Dia bersama anggota Polsek dan warga, bahkan turut membantu memadamkan api yang membakar rumah warga tersebut.

“Adapun bangunan yang terbakar 2 unit rumah dengan ukuran 6×10 meter dan 5×7 meter, 1 unit gedung sarang walet ukuran 5×8 meter, dan warung ukuran 4×4 meter. Semua bangunan terbuat terbuat dari bahan baku kayu. Milik Wasis (40) dan Suroto (30),” kata I Wayan, Selasa (20/10).

Menurutnya, kebakaran diduga akibat tabung gas meledak di bagian dapur rumah Wasis yang saat itu pemilik rumah tidak berada di tempat karena bekerja di PT PSAM, dan istri Wasis belanja barang sembako ke Desa Tumbang Samba.

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Kerugian akibat kebakaran ditaksir mencapai Rp600 juta. Berdasarkan keterangan saksi Andre pada saat menjaga warung yang berjarak sekitar 20 meter dari lokasi rumah yang terbakar, mencium bau asap. Saat itu dirinya berada dalam warung, kemudian langsung keluar dan melihat rumah Wasis yang merupakan mertuanya sudah dalam keadaan terbakar,” kata I Wayan.

Para korban sementara ditampung oleh masing-masing keluarga dan didata oleh pihak Kecamatan Sanaman Mantikei untuk  mendapatkan bantuan dari BPBD dan Dinas Sosial Kabupaten Katingan.

Menurut  I Wayan, kebakaran terjadi pada Senin sekitar pukul 11.00 WIB dan api dapat dipadamkan sekitar pukul 14.00 WIB. Pemadaman api dilakukan secara manual dan dibantu 1 unit mobil dari PT PSAM. ist/jsi/c-sus

 

iklan atas

Pos terkait

iklan atas