Ben Berhasil Benahi Masalah Kesehatan di Kapuas

  • Whatsapp
Ben Berhasil Benahi Masalah Kesehatan di Kapuas
Ben Brahim S Bahat bersama isteri, Ny Ary Egahni S Bahat
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com- Pemerintah secara umum memprioritaskan anggaran untuk 2 hal utama, yakni pendidikan dan kesehatan. Kedua hal ini dinilai menjadi kebutuhan yang paling mendasar untuk diberikan sepenuhnya kepada masyarakat. Kendati demikian, masih banyak hal harus dibenahi dengan keterbatasan anggaran yang dimiliki.

Selama menjabat sebagai Bupati Kapuas, Ben Brahim Sion Bahat sudah melakukan berbagai hal di bidang kesehatan. Tercatat, kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kapuas Junaidi, ada sejumlah keberhasilan yang dilakukan di bidang kesehatan selama menjabat sebagai Bupati Kabupaten Kapuas.

Ben Bahat, kata Junaidi, terus melakukan pembenahan masalah kesehatan, khususnya untuk wilayah yang terpencil dan terisolasi. Program saja tidak cukup, maka dari itu dilakukan pengangkatan tenaga kesehatan di daerah pedalaman dan keterisolasian sebanyak 907 orang, tenaga tersebut disebarkan pada 232 desa dan kelurahan.

“Selesai tenaga kesehatan, peningkatan jumlah fasilitas kesehatan yang telah dibangun, dengan jumlah Puskesmas sebanyak 26 buah, berdasarkan  kriteria akreditasi terdiri dari dasar 6 Puskesmas, madya 17 Puskesmas dan utama 3 Puskesmas,” kata Junaidi, Rabu (21/10), di Palangka Raya.

Hal lain, ungkap Junaidi, berupa program yang diharapkan dapat langsung dirasakan masyarakat. Misalnya, Program Kapuas Sehat Melalui Ketuk Pintu untuk mendekati pelayanan kesehatan kepada masyarakat, terutama untuk daerah pedalaman dan keterisolasian. Ataupun Program Posyandu Jiwa untuk penanggulangan orang dalam gangguan jiwa di seluruh desa dan kelurahan melalui program dana desa dan dana kelurahan.

Kabupaten Kapuas, lanjut Junaidi, pada masa kepemimpinan Ben Bahat juga membangun Public Safety Center (PSC 119) tahun 2017 sebagai pusat layanan terpadu terhadap korban/pasien gawat darurat pra rumah sakit berbasis call center dengan menggunakan akses telekomunikasi 119. Ke depan akan mendukung layanan kesehatan di daerah terpencil dan sangat terpencil dengan tim Kapuas sehat.

Ini beberapa hal yang menjadi keberhasilan pembangunan yang dilakukan Ben Bahat, di samping beberapa program bidang kesehatan dan bidang lainnya, yang sampai sekarang terus berjalan. ded

 

iklan atas

Pos terkait

iklan atas