Ayo! Belajar Sejarah di Museum Balanga

  • Whatsapp
Ayo! Belajar Sejarah di Museum Balanga
SEMINAR - Staf Ahli Gubernur Bidang Hukum dan Politik Endang Kusriatun, didampingi Kepala UPT Museum Balanga Kalteng Hasanudin, dan narasumber membuka bersama kegiatan Seminar Naskah Kajian Museum, Rabu (14/10) di Museum Balanga Kalteng. TABENGAN/DEDY
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalimantan Tengah (DisbudparKalteng) melalui UPT Museum Balanga Kalteng terus melakukan pengenalan terhadap keberadaan Museum Balanga Kalteng. Hadirnya Museum Balanga Kalteng tidak semata untuk memamerkan benda-benda yang memiliki nilai sejarah dan budaya.

Museum Balanga Kalteng juga dapat dijadikan wadah untuk belajar bagi semua kalangan, baik itu pelajar, mahasiswa, sampai pada masyarakat umum. Ada banyak hal yang dapat dipetik, dan dijadikan pendidikan juga pengetahuan dengan mengunjungi Museum Balanga Kalteng. Museum Balanga Kalteng juga menjadi wadah untuk wisata.

Staf Ahli Gubernur Bidang Hukum dan Poltik Endang Kusriatun, secara langsung hadir dalam kegiatan Seminar Naskah Kajian Museum, karena merupakan sebuah kegiatan yang sarat akan manfaat penting kedepan. Tidak saja bagi pelajar, tapi juga seluruh masyarakat Kalteng. Di Museum Balanga ada banyak hal yang bisa dijadikan pelajaran.

“Belajar sejarah dan budaya sangat mudah, yakni cukup dengan mengunjungi Museum Balanga Kalteng. Keberadaan Museum Balanga Kalteng sekarang ini memiliki peranan penting dalam pelestarian budaya, serta promosi pariwisata dan budaya di Kalteng. Tidak sedikit orang bule yang datang berkunjung ke Kalteng khususnya Museum Balanga Kalteng untuk mengetahui sejarah dan budaya Kalteng,” kata Endang, saat menyampaikan sambutan pada kegiatan seminar, Rabu (14/10/2020) di Palangka Raya.

Dia tegaskan, peranan penting Museum Balanga ini harus terus ditingkatkan. Pandemi yang terjadi sekarang, membuat sejumlah ruang public terbatas untuk dikunjungi, termasuk Museum Balanga. Namun demikian, dengan menerapkan protokol kesehatan diharapkan kunjungan kembali normal, dan keberadaan sejarah juga budaya Kalteng terus dikenal.

Sementara itu, Kepala UPT Museum Balanga Kalteng Hasanudin, menyampaikan, tujuan adanya seminar untuk memberikan pengetahuan dan masukan dari berbagai kalangan. Pelajar dan mahasiswa wajib untuk mengetahui secara tepat, apa fungsi dan manfaat dari keberadaan Museum Balanga Kalteng. Tujuannya, sejarah dan budaya Kalteng yang terpajang di Museum Balanga Kalteng dapat terus dilihat dengan adanya kunjungan.

Pelajar, ungkap Hasanudin, merupakan bagian dari pelestarian sejarah dan budaya yang tidak boleh hilang begitu saja. Museum Balanga Kalteng dapat diakses  secara langsung, dan mendapatkan berbagai pengetahuan secara tepat terkait dengan koleksi benda yang ada di Museum Balanga. Hadirnya Museum Balanga tidak semata sebagai wadah untuk memajang barang sejarah, budaya, ataupun koleksi, tapi juga untuk tempat belajar.ded

 

iklan atas

Pos terkait

iklan atas