KPU Anggarkan Rp14,7 M untuk APD

  • Whatsapp
KPU Anggarkan Rp14,7 M untuk APD
Ketua KPU Kalteng Harmain
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com- Kalimantan Tengah menjadi salah satu daerah di Indonesia yang melaksanakan Pemilihan Kepala  Daerah (Pilkada) serentak. Permasalahan yang dihadapi, pelaksanaan Pilkada serentak di Kalteng di tengah pandemi Covid-19. Kondisi ini membuat penyelenggara dan pengawas dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kalteng menerapkan protokol kesehatan.

Ketua KPU Kalteng Harmain menjelaskan, penerapan protokol kesehatan menjadi hal wajib dalam pelaksanaan penyelenggaran Pilkada di Kalteng. Tidak cukup sampai di situ, sejumlah persiapan lain juga dilakukan KPU Kalteng dalam upaya pencegahan penyebaran virus yang berbahaya ini, salah satunya dengan mengalokasikan anggaran untuk penyediaan alat pelindung diri (APD) bagi petugas nantinya.

“Ada sekitar Rp14,7 miiar anggaran yang dialokasikan untuk penyediaan APD ini. APD tersebut terdiri atas masker, hand sanitizer, face shield, thermal gun, dan berbagai jenis kebutuhan lainnya yang dapat digunakan pada saat pelaksanaan pemilihan, demi melindungi diri,” kata Harmain, saat menjelaskan terkait dengan upaya pencegahan penularan Covid-19 di jajaran penyelenggara Pilkada, Selasa (20/10).

Sekarang ini, lanjut Harmain, anggaran yang dialokasikan itu sedang berproses pengadaannya. Ditargetkan, sebelum pelaksanaan pemilihan semua kebutuhan berupa APD ini sudah tersedia, dan dapat dipergunakan petugas. Bagaimanapun, KPU sebagai lembaga penyelenggaran sangat peduli dalam upaya pencegahan penularan Covid-19 di Kalteng.

Penerapan protokol kesehatan, ungkap Harmain, bersama dengan pengadaan APD merupakan bentuk kedisiplinan yang dilakukan, demi mencegah penularan Covid-19 ke petugas pada saat pelaksanaan Pilkada. Sekarang ini, proses pengadaan dilakukan di masing-masing kabupaten dan kota, yang diharapkan segera didistribusikan. ded

iklan atas

Pos terkait

iklan atas