Empat Bangunan Ludes Terbakar di Desa Dehes

  • Whatsapp
Empat Bangunan Ludes Terbakar di Desa Dehes
SISA PUING - Akibat kebakaran yang menghanguskan empat bangunan di Desa Dehes kini tinggal puing-puing. ISTIMEWA
iklan atas

KASONGAN – Musibah kebakaran kini terjadi di wilayah Hukum Polres Katingan, yang telah menghanguskan empat bangunan milik warga di Desa Dehes Kecamatan Sanaman Mantikei dengan kerugian material mencapai Rp600 juta.

Musibah kebakaran tersebut terjadi pada Senin (19/10) sekitar pukul 11.00 WIB, dimana diduga kebakaran terjadi akibat ledakan tabung gas yang berasal dari salah satu rumah warga, akibatnya  api dengan cepat menjalar ke bangunan lainnya lantaran bangunan terbuat dari kayu.

Kapolsek Sanaman Mantikei Iptu I Wayan Wiratmaja Swetha STK, SIK MH, ketika dikonfirmasi,  membenarkan adanya kejadian musibah kebakaran tersebut, dimana dirinya bersama anggota Polsek dan warga turun ke lapangan membantu memadamkan api yang membakar rumah warga tersebut.

“Adapun bangunan yang terbakar, yaitu dua unit rumah dengan ukuran 6 x10 Meter dan 5×7 Meter, 1 Unit gedung sarang walet ukuran 5×8 Meter, dan warung ukuran 4×4 Meter, semua bangunan terbuat terbuat dari bahan baku kayu, milik Wasis (40) dan Suroto (30),” ungkap I Wayan, Selasa (20/10)

I Wayan menuturkan, kebakaran terjadi sekitar pukul 11.00 WIB dan api dapat dipadamkan pada sekitar pukul 14.00 WIB, dimana pemadaman api dilakukan secara manual dibantu satu unit Mobil air Tus dari PT. PSAM.

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Kerugian akibat kebakaran ditaksir mencapai Rp600 juta, dan berdasarkan keterangan saksi Andre pada saat menjaga warungnya yang berjarak sekitar 20 meter dari lokasi kejadian. Dirinya mengaku sempat mencium bau asap  pada saat berada dalam warung. Kemudian Andre langsung keluar dan melihat rumah Wasis yang merupakan mertuanya sudah dalam keadaan terbakar,” tutur I Wayan.

Lanjut I Wayan, setelah melihat kobaran api Andre ingin masuk ke rumah bermaksud untuk memadamkan api, namun api sudah terlalu besar sehingga dia berteriak minta tolong warga yang lalu berdatangan untuk membantu memadamkan api.

“Penyebab Peristiwa kebakaran tersebut diduga akibat tabung gas meledak di bagian dapur rumah Wasis yang pada saat itu pemilik rumah tidak berada di tempat karena bekerja di PT. PSAM, sadangkan istri Wasis belanja barang Sembako ke Desa Tumbang Samba,” terang I Wayan.

Untuk para korban sementara ditampung oleh masing-masing keluarga, dan sudah didata pihak Kecamatan Sanaman Mantikei untuk  mendapatkan bantuan dari BPBD dan Dinas Sosial Kabupaten Katingan.c-sus

iklan atas

Pos terkait

iklan atas