Bawaslu: Ada Laporan Pelanggaran Prokes oleh Paslon

  • Whatsapp
Bawaslu: Ada Laporan Pelanggaran Prokes oleh Paslon
Anggota Bawaslu Provinsi Kalteng Siti Wahidah dan Komisioner KPU Kalteng Wawan Wiraatmaja
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com-Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Siti Wahidah mengatakan, berdasarkan informasi terakhir yang masuk ke Bawaslu Kalteng, ada tiga laporan pelanggaran protokol kesehatan (prokes) yang dilakukan paslon saat melakukan blusukan ke pasar, dan tempat keramaian.

Hal ini disampaikan Siti Wahidah kepada media usai menjadi pemateri pada Sosialisasi Pengembangan Pengawasan Pemilu Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) dan Media Massa di Hotel Swiss Bell Danum Palangka Raya, Senin (19/10).

Siti mengakui, Bawaslu mengalami kesulitan untuk memberikan sanksi kepada pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng serta Paslon Bupati dan Wakil Bupati Kotim dalam pelanggaran protokol kesehatan (Prokes) saat kampanye tatap muka atau blusukan ke tempat-tempat keramaian, mengingat penerapan PKPU No.13 Tahun 2020 Bawaslu tidak memiliki kewenangan untuk membubarkan keramaian. Pihaknya hanya memberikan rekomendasi kepada Tim Satgas Covid-19 atau pihak kepolisiaan. Namun demikian, pihaknya sudah memberikan teguran kepada tim kampanye masing-masing paslon untuk taat terhadap Prokes.

Seperti di Kabupaten Kobar, beberapa waktu lalu, pihaknya sempat ditegur oleh Bawaslu RI terkait dengan adanya pelanggaran Prokes, dan Bawaslu Kalteng juga sudah meminta informasi tersebut ke Bawaslu kabupaten.

Sementara itu, Komisioner KPU Kalteng Wawan Wiraatmaja menyebutkan, meningkatnya kampanye tatap muka atau kampanye di luar jaringan (luring) sangat berpotensi  terjadinya pelanggaran Prokes.  KPU sendiri, padahal menyarankan agar paslon melakukan kampanye secara Daring. Terlebih saat ini sudah ada aplikasi zoom yang menghindari terjadinya pengumpulan massa. “Paslon masih senang berkampanye dengan cara konvesional, sehingga prokes sering terabaikan,” kata Wawan. akm

 

iklan atas

Pos terkait

iklan atas