Pustakawan Miliki Peranan Penting

  • Whatsapp
Pustakawan Miliki Peranan Penting
FOTO BERSAMA - Plt Kadisperpusip Kalteng Sri Widarnani beserta pustakawan se Kalteng, mengikuti kegiatan sosialisasi jabatan fungsional pustakawan di Hotel Luwansa. TABENGAN/DIDIN
iklan atas

***Jabatan Fungsional Pustakawan Disosialisasikan

PALANGKA RAYA – Dinas Perpustakaan dan Arsip (Disperpusip) Kalteng menggelar sosialisasi jabatan fungsional pustakawan di Hotel Luwansa, Senin (19/10). Kegiatan itu dihadiri 50 orang pustakawan dari seluruh kabupaten/kota se-Kalteng.

Hadir juga beberapa narasumber penting secara virtual yang merupakan pustakawan dari perpustakaan nasional seperti Dra Alfiah, Sudarta, Ahmad Priamba dan ada dari Disperpusip Kalteng Rudiansyah Iden.

Menurut Plt Kadisperpusip Kalteng Sri Widarnani yang membuka kegiatan itu, jabatan pustakawan sendiri dinilai memiliki peranan yang sangat penting.

“Jabatan pustakawan sudah ada sejak 1988 dan seiring waktu hingga saat ini aturannya terus diperbaharui. Intinya pustakawan ini sebagai ujung tombak dari literasi,” ujarnya disela-sela kegiatan itu.

Saat ini memang pustakawan juga merupakan fasilitator yang bergerak dibidang optimalisasi, gerakan budaya gemar membaca. Melalui aturan-aturan yang baru saat ini, tidak ada lagi persoalan pustakawan tidak bisa lagi naik jabatan. Intinya pelaksanaan terkait jabatan tersebut, mesti dilakukan secara profesional. Wanita murah senyum itu juga menegaskan, pustakawan wajib memiliki kompetensi dan profesional, yang artinya terus meningkatkan kemampuannya melalui kegiatan semacam ini.

“Mulai saat ini profesi pustakawan sama pentingnya dengan jabatan lainnya. Diharapkan mereka dapat memberikan layanan perpustakaan bagi masyarakat menyangkut gerakan gemar membaca,” tegasnya.

Dirinya juga mengajak jajaran pustakawan se-Kalteng untuk terus update dan beradaptasi terhadap perubahan zaman. Apalagi saat ini teknologi semakin canggih, sehingga perlu adanya berbagai pembaharuan dalam berbagai lingkup pekerjaan.

“Intinya, apabila tidak update atau beradaptasi, maka jelas akan ketinggalan,” tandasnya. drn

 

iklan atas

Pos terkait

iklan atas