Swab Massal Efektif Tekan Covid-19 Klaster Perkantoran

  • Whatsapp
Swab Massal Efektif Tekan Covid-19 Klaster Perkantoran
Tim GTPP Covid-19 Mura saat melakukan swab massal di kawasan perkantoran, belum lama ini . JOKO SANTOSO
iklan atas

PURUK CAHU/tabengan.com- Langkah tepat dan cepat Pemerintah Kabupaten Murung Raya (Mura) melalui Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19, berbuah manis. Memasuki pekan kedua Oktober 2020, tepatnya Senin (12/10/2020), angka kasus positif Covid-19 mengalami penurunan.

Kendati di awal pekan sempat viral kabar meninggalnya 2 pasien positif Covid-19 asal Desa Muara Tuhup dan Desa Muara Laung I, Kecamatan Laung Tuhup, namun hal menggembirakan lainnya datang dengan kembalinya Kecamatan Tanah Siang pada posisi zona hijau.

Kecamatan Tanah Siang mampu kembali ke zona aman pasca-dinyatakannya 1 warga dari Desa Sungai Lunuk terkonfirmasi positif tengah menjalani perawatan, dinyatakan sembuh. Selanjutnya, setelah deteksi dini dengan melakukan swab massal di seluruh instansi Pemkab Mura, awalnya lonjakan kasus positif Covid-19 tembus 29 pasien. Kini, seiring berjalannya waktu, situasi lonjakan berangsur menurun menjadi 24 pasien positif Covid-19 terkonfirmasi.

Meskipun informasi resmi fluktuatif kasus Covid-19 di Mura belum dirilis oleh GTPP, namun dari sudut pandang masyarakat yang selalu memantau kondisi perkembangan kasus Covid-19 di media sudah dianggap cukup menurunkan ketegangan beberapa waktu belakangan.

Semantara itu, pantauan di Media Center GTPPC-19 Mura tampak detail data sebaran Covid -19 di Kecamatan Murung sejak awal kasus positif terdapat 87 kasus positif, 15 orang dalam perawatan, sembuh 71 orang, meninggal 1 orang, suspek 1 orang dan probable 0.

Sedangkan di Kecamatan Laung Tuhup sejak awal terdapat 60 kasus positif, 15 orang dalam perawatan, sembuh 48 orang, meninggal 3 orang, suspek 0 dan probable 0.

Berdasarkan data tersebut, dari 10 kecamatan di wilayah Tana Malai Tolung Lingu menyisakan 2 kecamatan yang masih berzona merah, sedangkan 3 wilayah kecamatan meliputi Tanah Siang Selatan, Tanah Siang dan Permata intan sudah dinyatakan kembali aman dari sebaran virus Corona.

Sekretaris Daerah (Sekda) Mura Hermon tempo hari pada press rilis mengatakan, kemungkinan lonjakan akan selalu ada sebelum vaksin anti Covid-19 belum ditemukan dan diinjeksikan kepada masyarakat secara massal. Sebab itulah, Hermon selaku Ketua Harian GTPPC-19 Mura selalu mengingatkankan agar masyarakat mematuhi ketentuan prosedur protokol kesehatan dan membatasi perjalanan keluar daerah, khususnya bagi ASN. c-sjs

iklan atas

Pos terkait

iklan atas