Bawaslu Ajak Masyarakat dan Pers Awasi Pilkada

  • Whatsapp
Bawaslu Ajak Masyarakat dan Pers Awasi Pilkada
Bawaslu Kabupaten Kotawaringin Timur melaksanakan sosialisasi pengembangan pengawasan Pemilu organisasi masyarakat sipil dan media massa, Minggu (11/10/2020). ARBIT SAFARI
iklan atas

SAMPIT/tabengan.com- Kabupaten Kotawaringin Timur termasuk daerah yang melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020. Agar pelaksanaan Pemilu berjalan dengan lancar dan bebas dari kecurangan, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kotim melaksanakan kegiatan sosialisasi pengembangan pengawasan Pemilu organisasi masyarakat sipil (OMS) dan media massa.

Ketua Bawaslu Kotim Muhammad Tohari saat membuka sosialisasi tersebut mengungkapkan bahwa pihaknya mengajak masyarakat dan media massa untuk ikut mengawasi pelaksanaan Pilkada.

“Pengawasan Pilkada pada dasarnya bukan hanya tugas Bawaslu maupun penyelenggara Pilkada saja, namun tugas kita semua,” terangnya.

Melalui sosialisasi ini, lanjut Tohari, pihaknya mengharapkan OMS agar ikut berperan dalam pengawasan Pilkada.

“Peran media massa juga sangat penting, untuk menginformasukan kepada masyarakat tentang keberhasilan-keberhasilan Bawaslu,” tandasnya.

Tohari juga menyampaikan sejumlah potensi pelanggaran yang terjadi pada saat pelaksanaan Pilkada, antara lain ASN yang tidak netral, kemudian politik uang, tidak patuh protokol kesehatan, kampanye di luar jadwal, kampanye tanpa izin kepolisian dan lainnya.

Sementara itu Ketua KPU Kotim Siti Fathonah Purnaningsih mengungkapkan, untuk pelaksanaan Pilkada tahun ini masih dibayangi dengan penyebaran pandemi Covid-19. Sebab itu setiap tahapan pelaksanaan Pilkada harus menerapkan protokol kesehatan.

“Kami juga melengkapi petugas kami dengan APD, seperti menyiapkan masker, face shield, hand sanitizer dan sarung tangan. Selain itu pada masa kampanye saat ini, pasangam calon yang melaksanakan kampanye juga harus menerapkan protokol kesehatan,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Ketua PWI Kotim Andry Riski Agustian juga menyampaikan mengenai peran media massa dalam pelaksanaan Pilkada. c-arb

 

iklan atas

Pos terkait

iklan atas