Mengobrol Santai Ala Ben di Bartim

  • Whatsapp
Mengobrol Santai Ala Ben di Bartim
DIALOG - Ben Brahim Sion Bahat mengobrol santai dengan masyarakat di Kabupaten Barito Timur, dalam safari silaturahmi yang dilakukan beberapa waktu lalu di Kabupaten Barito Timur. ISTIMEWA
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Ben Brahim Sion Bahat terus melakukan safari silaturrahmi dengan warga yang ada di kawasan Barito. Belum lama ini silaturrahmi dilakukan di Kabupaten Barito Timur, dengan melakukan dialog dan melihat sejumlah hal. Selaku lulusan bidang teknik, Ben Bahat berkesempatan melihat pembuatan pisau secara tradisional.

Ben Bahat mengatakan, teknik pembuatan pisau khas Dayak di Kalteng bukanlah hal yang baru. Sebagai anak petani, melihat pembuatan pisau dengan cara tradisional merupakan hal yang familiar di Kalteng, sehingga menjadi pemandangan umum. Hanya saja, kedepan teknik ini akan coba dengan sedikit modern, sehingga tidak menggunakan banyak tenaga manusia.

Itu salah satu, kata Ben Bahat, yang dilihat saat melakukan silaturahmi ke Kabupaten Barito Timur (Bartim). Hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah masalah paiwisata. Potensi pariwisata yang ada sangat besar, dan dapat membuat perekonomian masyarakat sekitar tumbuh dan berkembang.

“Mengobrol dilakukan dengan sejumlah warga yang ada di Kabupaten Bartim. Ada banyak hal yang mereka sampaikan. Menarik untuk disimak, dan menjadi masukan bagi saya pribadi agar membuat Kalteng semakin maju dikancah nasional sampai internasional,” kata Ben Bahat, Rabu (7/10)  terkait silaturahmi ke Kabupaten Bartim.

Ada banyak hal, lanjut Ben Bahat, yang diperbincangkan dengan masyarakat. Tidak hanya mendengarkan apa yang menjadi harapan bersama dalam pembangunan Kalteng kedepan, tapi juga mendengarkan masukan, saran, dan juga permasalahan yang dihadapi masyarakat sekarang ini. Tidak bisa dipungkiri, pandemi Corona atau Covid-19 membuat kondisi ekonomi menjadi terganggu.

Namun, kata Ben Bahat, semua itu ada permasalahan bersama, yang harus segera dicarikan solusinya. Ekonomi menjadi permasalahan yang harus diselesaikan dengan sebaik mungkin. Bagaimana, ditengah pandemi yang masih terjadi, aktivitas tetap berjalan, ekonomi mapan, disisi lain jumlah orang yang terpapar pandemi terus menurun.

Itu, ungkap Ben Bahat, menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan agenda lain dalam peningkatan sumber daya manusia (SDM). Ingat, Kalteng memiliki SDA yang besar, akan sangat besar manfaatnya apabila yang mengelola adalah SDM dari Kalteng sendiri, sebab itu SDM Kalteng harus terus ditingkatkan dengan sebaik mungkin.ded

iklan atas

Pos terkait

iklan atas