Traffic Light Tua Diganti Bertahap

  • Whatsapp
Traffic Light Tua Diganti Bertahap
PEMELIHARAAN- Tim Lapangan Dinas Perhubungan Kota Palangka Raya melakukan pemeliharaan berkala terhadap traffic light yang berada di ruas Jalan Diponegoro-Jalan Tambun Bungai. ISTIMEWA
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com– Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palangka Raya Alman Pakpahan menuturkan, saat ini pihaknya melakukan pengecekan, perawatan dan pemeliharaan hingga perbaikan terhadap sejumlah traffic light (lampu lalu lintas) yang menjadi kewenangan Dishub Kota.

Ia menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan salah satu kegiatan rutin dari pihaknya yang dilaksanakan seminggu sekali, guna memastikan traffic light di Ibu Kota Provinsi Kalteng ini bisa berfungsi dengan normal.

Diungkapkannya, ada 14 titik lokasi traffic light yang menjadi kewenangan Dishub Kota dan dilakukan perawatan, yakni traffic light di Jalan Hiu Putih-Rajawali, Jalan Tingang-Rajawali, Jalan Garuda-Rajawali, Jalan Garuda-Tjilik Riwut, Jalan S Parman-DI Panjaitan, Jalan A Yani-Tambun Bungai, Jalan A Yani-Irian.

Selanjutnya, di Jalan KS Tubun-RA Kartini, Jalan Cempaka-Diponegoro, Jalan Diponegoro-Tambun Bungai, Jalan Yos Sudarso-Thamrin, Jalan  G Obos-Thamrin, Jalan RTA Milono-Willem AS dan Jalan Kinibalu-Sanggabuana.

“Jika ditotal, selama sebulan kami biasa bisa melakukan perawatan dan perbaikan traffic light hingga 4 kali sebulan, tergantung situasi dan kondisi di lapangan,” sebut Alman saat ditemui Tabengan, Selasa (6/10).

Dijelaskannya, kegiatan perawatan dan perbaikan yang dilakukan oleh petugas sendiri, terdiri dari perbaikan perangkat-perangkat yang dirasa sudah rusak atau sudah tidak berfungsi dengan normal serta melakukan pengaturan waktu hitung mundur traffic light.

Alman menambahkan, pemeliharaan dan pengecekan fungsi traffic light di Kota Cantik sangatlah penting untuk menunjang dan menciptakan rasa aman dan nyaman terhadap masyarakat dalam melintas di jalan raya.

Selain itu, dengan adanya traffic light yang berfungsi dengan baik ia berharap bisa membantu mengurangi risiko kecelakaan yang saat ini masih cukup sering terjadi di Kota Cantik.

“Kita sejauh ini dalam bekerja melakukan perbaikan dan perawatan serta pemeliharaan belum menemukan kendala. Kasus-kasus pencurian terhadap alat traffic light sejauh ini belum terjadi, sehingga masih bisa bekerja dengan normal. Namun, kami akan tetap melakukan perawatan agar fungsi dari traffic light ini bisa terjaga,” bebernya.

Diakui Alman, yang menjadi tantangan pihaknya, ada beberapa traffic light sudah sangat berumur, beroperasi di atas 25 tahun, sehingga perlu dilakukan penggantian.

Terlebih saat ini pembangunan infrastruktur dan pelebaran jalan di dalam kota telah dilakukan secara massif, maka dinilai perlu traffic light yang menyesuaikan kondisi existing jalan.

“Tahun depan Dishub merencanakan untuk melakukan penggantian beberapa traffic light yang sudah uzur. Rencana kita dilakukan penggantian di 5 titik dulu, sesuai kemampuan anggaran. Yang jelas, secara bertahap terus kita tingkatkan kemampuan dari traffic light ini,” jelas Alman. rgb

 

iklan atas

Pos terkait

iklan atas