Tingkatkan Kekebalan Tubuh Anak, Legislator Tekankan Pentingnya Imunisasi

  • Whatsapp
Tingkatkan Kekebalan Tubuh Anak, Legislator Tekankan Pentingnya Imunisasi
Wakil Ketua II Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Shopie Ariany
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com  – Kekebalan tubuh anak-anak dibawah umur lima tahun masih dalam tahap proses pengembangan dan belum sepenuhnya terbentuk. Maka dari itu kelengkapan vaksin dan imunisasi wajib diberikan kepada anak-anak sebelum mereka memasuki usia lima tahun. Kita semua tahu jika anak-anak diusia seperti ini sangat rentan terpapar virus, melalui aktivitas yang mereka lakukan. Mulai saat fase Oral atau memasukan benda apapun kebagian mulut hingga saat berada di playground.

Berkenaan dengan fase tersebut, Wakil Ketua II Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Shopie Ariany, Minggu (4/10), mengingatkan serta menekankan kepada masyarakat  Palangka Raya, akan betapa pentingnya melakukan imunisasi bagi anak-anak dalam usia balita. Sebab virus dan bakteri akan mudah berkembang apabila kekebalan tubuh tidak dibangun sejak dini.

Cara memastikan anak-anak senantiasa dalam keadaan sehat, lanjutnya, yakni dengan memastikan vaksi dan imunisasi mereka terpenuhi. Beberapa manfaat dan pentingya melakukan imunisasi Shopie menambahkan, diantaranya menyelamatkan nyawa, memberikan rasa aman dan efektif, kekebalan komunitas tubuh, pertimbangan finansial, menyelamatkan generasi masa depan, dan lain sebagainya.

“Masyarakat juga dilanjutkannya, harus mengetahui atau membedakan istilah dari vaksinasi dan imunisasi. Pasalnya, kedua istilah ini kerap disamakan meski sebenarnya memiliki makna berdeda.  Vaksinasi dijelaskannya adalah sebuah proses pemberian vaksin, bisa melalui oral atau suntik demi meningkatkan kekebalan tubuh melawan penyakit tertentu. Zat yang dimasukan dengan maksud melemahkan bakteri atau virus yang ada didalam tubuh,” kata Shopie.

Sedangkan imunisasi, sambungnya, adalah proses yang terjadi didalam tubuh manusia hingga memiliki kekebalan tubuh terhadap penyakit. Ada imunisasi aktif, yang bertahan lama dan ada juga imunisasi pasif yang bertahan hanya dalam hitungan minggu atau bulan. Namun tujuan keduanya sama, yakni meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit tertentu.

“Jika imunisasi terus dilakukan dan secara menyeluruh, bisa jadi generasi masa depan tidak akan lagi mengenal berbagai macam penyakit yang dapat mengancam keselamatan. Dan, demi keselamatan anak anda, lingkungan, hingga generasu berikutnya, jangan pernah sepelekan pentingnya imunisasi,” tutup Politisi dari Partai Perindo ini. rgb

iklan atas

Pos terkait

iklan atas