DPS Kota 181.019 Jiwa

  • Whatsapp
DPS Kota 181.019 Jiwa
Ketua KPU Kota Palangka Raya Ngismatul Choiriyah
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palangka Raya telah menetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kalteng 2020, melalui rapat pleno. Adapun jumlah DPS Kota Cantik sebanyak 181.019 jiwa.

“DPS tersebut terdiri dari  89.701 pemilih laki-laki dan 91.318 untuk pemilih perempuan,” ungkap Ketua KPU Kota Palangka Raya Ngismatul Choiriyah, Jumat (2/10).

Dia menerangkan, jumlah DPS yang akan berpartisipasi dalam Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng terdiri dari 5 kecamatan dan 30 kelurahan seluruh Kota Palangka Raya. Data diakumulasikan berdasar masuknya formulir model A.1.A-KWK yang diterima Panitia Pemungutan Suara (PPS).

“Rincian itu terbagi dengan rincian pemilih baru sebanyak 1.137 pemilih, pemilih Tidak Memenuhi Syarat (TMS) sebanyak 744 pemilih dan pemilih Ubah Data sebanyak 210 pemilih dengan jumlah 622 TPS. Semua data yang masuk itu nantinya akan diverifikasi terlebih dahulu dengan data autentik sebelum ditetapkannya DPT,” bebernya.

Ngismatul menyebut, seluruh rangkaian dalam tahapan penetapan DPS hingga perbaikan DPS selanjutnya, maka KPU Kota Palangka Raya secara berjenjang mulai tingkat PPS hingga PPK akan melaksanakan rapat pleno terbuka rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) di tingkat PPS dan PPK.

Menurutnya, kegiatan tersebut akan dimulai 4-9 Oktober 2020. Setelah itu dilakukan penetapan oleh KPU Kota sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang akan dilaksanakan pada 9 hingga 16 Oktober 2020.

Ngismatul berharap kepada masyarakat Kota Palangka Raya untuk menggunakan hak suaranya pada 9 Desember 2020 mendatang, sesuai dengan pilihannya masing-masing.

“Meskipun saat ini sedang dalam masa pendemi hendaknya tidak menyurutkan masyarakat untuk berpartisipasi dalam Pilkada Kalteng pada Desember mendatang,” imbuhnya. rgb

iklan atas

Pos terkait

iklan atas