Daun Emas Napoleon

14

PARIS/tabengan.com – Sebuah emas yang diukir seperti daun dan berasal dari mahkota Napoleon Bonaparte dilelang seharga 625 ribu euro atau sekira Rp9 miliar. Bukan hanya sekadar daun emas, daun emas tersebut berasal dari mahkota Napoleon Bonaparte yang dikenakan untuk penobatan. Daun emas tersebut terjual di sebuah lelang di Paris, Prancis, pada Minggu 19 November.

Osenat, rumah lelang yang menjual daun emas tersebut, mengatakan bahwa harga daun emas tersebut melebihi apa yang mereka perkirakan. Sebelumnya pihak rumah lelang akan menargetkan akan menjual benda bersejarah tersebut seharga Rp1 miliar-Rp2 miliar.

Dilansir dari Asia One, Selasa (21/11), daun emas tersebut adalah satu dari enam potong dari mahkota menjelang penobatan pada 1804. Daun emas tersebut harus dilepaskan karena sang raja menganggap mahkotanya itu terlalu berat untuknya.

Pandai emas Martin Guillaume Biennais mengklaim bahwa ia memberikan enam emas dari mahkota tersebut untuk masing-masing anak perempuannya, termasuk ukiran emas yang dilelang dan telah dimiliki oleh keluarganya sampai sekarang.

Emas yang dipakai saat penobatan namun kemudian terlepas dari mahkota Napoleon Bonaparte tersebut sempat dijual pada 1980-an seharga 80.000 franc atau sekira Rp194 juta.

Sekadar diketahui, sekira 400 karya yang didedikasikan untuk kaisar Prancis tersebut dijual pada pelelangan tersebut, termasuk sebuah kotak yang dihias dengan bunga emas, yang juga dibuat oleh Biennais. Bunga emas tersebut diketahui milik milik istri Napoleon Bonaparte, Permaisuri Josephine, yang dijual seharga 150.000 euro atau sekira Rp2 miliar, tiga kali lebih mahal dari yang diperkirakan.o-zon

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here