Waspada Akun Palsu Agustin Teras Narang

  • Whatsapp
Waspada Akun Palsu Agustin Teras Narang
Ketua Komite I DPD RI Dr Agustin Teras Narang SH
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com- Sering kali terjadi kejahatan di dunia cyber, yakni seseorang berusaha mencuri identitas sosial dengan memalsukan akun seseorang. Pelaku cyber crime biasanya menggunakan foto, nama dan identitas lain untuk membuat seolah akun tersebut adalah milik pengguna asli.

Seperti yang dialami Ketua Komite I DPD RI Dr Agustin Teras Narang SH. Melalui akunnya, mantan Gubernur Kalteng dua periode ini (2005-2015) mengungkapkan, dirinya mendapat permintaan pertemanan di Facebook hari ini dari akun Agustin Teras Narang.

“Tentu saja ini bukan akun pribadi saya. Saya hanya memiliki dua akun Facebook secara pribadi dengan nama Teras Narang dan Agustin Teras yang selama ini saya gunakan. Selanjutnya adalah akun Fan Page Facebook dengan nama Dr Agustin Teras Narang SH,” tulis Teras.

Dalam akunnya tersebut Teras juga mengimbau agar sahabat dan masyarakat pengguna Facebook waspada. Kejahatan dunia maya (Cyber Crime) bisa saja muncul dengan menggunakan akun kloning atau akun palsu yang menyaru sebagai Teras Narang. Hal ini banyak terjadi juga terhadap pihak-pihak lain dan mungkin saja pada anda.

“Saya berharap sahabat sekalian dan masyarakat Kalteng, tidak menerima permintaan dari akun tersebut. Apalagi sampai memberikan pulsa, transfer uang dan sebagainya. Bersama cegah kejahatan dunia maya, laporkan akun palsu tersebut,” kata Teras.

Caranya: 1. Kunjungi profil FB yang akan di report dengan nama Agustin Teras Narang sebagaimana terlihat di gambar. Perhatikan detail gambar profilnya. 2. Tap tombol dengan ikon tiga titik di profil. 3. Kemudian pilih Cari Dukungan atau Laporkan Profil. 4. Setelah itu pilih opsi Berpura-pura Menjadi Orang Lain. 5. Pilih Teman lalu tap tombol Selanjutnya. 6. Ketikkan nama teman anda kemudian kirim. 7. Selesai.

Teras juga mengingatkan kepada semua pemilik akun supaya mengecek nama masing-masing di sosial media, untuk memastikan tidak ada yang melakukan pemalsuan untuk tujuan kejahatan.

“Pesan saya pada pembuat akun palsu yang mengatasnamakan saya pribadi, agar berhenti melakukan pemalsuan akun apalagi melakukan aksi kejahatan. Ada konsekuensi hukum untuk setiap kejahatan,” tegas Teras. adn

iklan atas

Pos terkait

iklan atas