Hari Pertama Perbup Prokes, 38 Pelanggar Langsung Disanksi

  • Whatsapp
Hari Pertama Perbup Prokes, 38 Pelanggar Langsung Disanksi
Petugas melakukan pendataan terhadap pelanggar Perbup Prokes yang kedapatan tidak memakai masker, Senin (28/9/2020). ISTIMEWA
iklan atas

NANGA BULIK/tabengan.com- Masa sosialisasi Peraturan Bupati (Perbup) Lamandau nomor 73 tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) telah habis.

Senin (28/9/2020), Perbup Prokes tersebut sudah resmi mulai diterapkan. Puluhan petugas gabungan dari unsur Satpol PP, TNI, Polri, Dishub, BKD dan kecamatan, melakukan razia masker.

Dalam pelaksanaannya, petugas menyisir Jalan Batu Batanggui Kota Nanga Bulik. Alhasil, sebanyak 38 orang kedapatan tidak memakai masker. Kepada para pelanggar Perbup tersebut, langsung diberikan sanksi.

“Hari ini Perbup Prokes sudah mulai diterapkan. Tadi pagi, ditemukan 38 pelanggar perorangan yang tidak menggunakan masker,” ungkap Kepala Satpoldam Lamandau, Triadi.

Seperti diketahui, sesuai Perbup Prokes, pelanggar perorangan yang tidak menggunakan masker dapat dikenakan sanksi, baik sanksi kerja sosial atau sanksi denda administrasi sebesar Rp50 ribu.

“Dari 38 pelanggar tersebut, 31 orang di antaranya dikenakan sanksi denda, 6 orang disanksi kerja sosial (menyapu jalan selama 1 jam) dan 1 orang lagi diberikan surat pernyataan,” ujarnya.

Masing masing pelanggar, imbuh dia lagi, mengakui kesalahan nya dan sudah diberikan sanksi administratif, sanksi sosial, serta membuat surat pernyataan.

“Pada saat penerapan Perbup Prokes tersebut, petugas gabungan juga mengingatkan kepada pelanggar untuk ikut menyebarluaskan kepada keluarga dan teman-temannya tentang pemberlakuan sanksi administratif bagi pelanggar Protokol Kesehatan,” katanya. c-kar

iklan atas

Pos terkait

iklan atas