Polisi Kawal Ketua KPU dan Bawaslu Kotim

  • Whatsapp
iklan atas

SAMPIT/tabengan.com-Setelah ditetapkan sebagai peserta pemilihan kepala dan wakil kepala daerah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kapolres Kotim AKBP Abdoel Harris Jakin mengungkapkan, pihaknya sudah menunjuk anggotanya yang bertugas untuk mengawal pasangan calon peserta Pilkada Kotim. Bukan hanya itu, Polisi juga akan mengawal ketua KPU dan Bawaslu Kotim.

“Personel Polres Kotim yang ditugaskan sebagai walpri adalah personel yang telah melalui proses seleksi dan assesment, dan personel yang telah ditempatkan tersebut adalah merupakan personel yang telah memperoleh predikat terbaik saat seleksi dan assesment,” terang Abdoel usai menghadiri kegiatan di KPU Kotawaringin Timur, Sabtu (26/9).

Menurutnya, pengawalan ini sangat diperlukan. Antara lain adalah sebagai penghubung antara Kepolisian sebagai penanggung jawab keamanan dengan para pasangan calon.

Selanjutnya, personel juga telah dibekali kemampuan teknis dasar Kepolisian, bagaimana cara bertindak mengamankan orang, benda dan kegiatan dari masing-masing pasangan calon.

Selain kepada pasangan calon, Polres Kotawaringin Timur juga menempatkan anggotanya untuk melakukan pengawalan terhadap Ketua KPU Kotim dan Ketua Bawaslu Kotim.

Kapolres Kotawaringin Timur juga sudah memperkenalkan dan mempertemukan personel Polres Kotim yang telah mendapat perintah tugas sebaga Walpri kepada masing-masing pasangan calon, Ketua KPU dan Ketua Bawaslu Kotim.

Penempatan personel Polri ini telah diatur dalam Peraturan Kapolri  nomor 4 tahun 2017 tentang penugasan Anggota Polri di luar struktur organisasi Kepolisian Negara Republik Indonesia. Dimana nantinya personel yang ditempatkan ini adalah sebagai personel pengamanan melekat terhadap masing-masing individu peserta dan penyelanggara Pilkada, dalam kegiatannya sejak masa kampanye hingga masa pelantikan calon pimpinan daerah yang terpilih. c-arb

 

 

iklan atas

Pos terkait

iklan atas