Belum Ada Larangan Masker Scuba di Kalteng

  • Whatsapp
Belum Ada Larangan Masker Scuba di Kalteng
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng dr Suyuti Syamsul
iklan atas

**Dinkes Ikuti Keputusan Pusat
PALANGKA RAYA- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI meminta masyarakat menggunakan masker yang baik dan berbahan benar, termasuk perihal masker kain. Kain yang digunakan tidak boleh sembarangan dengan kain tipis, seperti masker scuba dan buff.

Mengenai larangan tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) dr Suyuti Syamsul menyatakan, Satgas Covid-19 Kalteng belum mengeluarkan larangan itu di Bumi Tambun Bungai. Namun, biasanya mengikuti keputusan dari pusat.

“Tampaknya Satgas Covid-19 belum mengeluarkan larangan tersebut. Kalau kami kan mengikuti nasional saja, kalau mereka bilang larang berarti kami di daerah melarang juga,” kata Suyuti, Rabu (23/9).

Menurut Suyuti, membuat masker itu tidak asal saja, tetapi memperhitungkan pori-porinya yang tidak ditembus oleh virus. Masker scuba itu kalau direnggangkan, pori-porinya akan kelihatan dengan jelas sehingga tidak mungkin untuk menghalangi penyebaran virus.

Secara medis ada 2 masker yang rekomendasikan kepada masyarakat, masker kain 3 lapis, kemudian masker medis. Kedua masker itu dari awal direkomendasikan untuk digunakan masyarakat dan tidak merekomendasikan penggunaan scuba.

Masker kain 3 lapis terdiri dari depan, belakang dan tengah-tengahnya tempat tisu. Kemudian masker N95 juga boleh digunakan, hanya langka dan juga harganya mahal. Kalau memang ada dijual di pasar tidak masalah, lebih bagus lagi. Masker ini sering digunakan oleh pekerja tambang dan tenaga medis dalam ruangan isolasi.

Dijelaskan, pemakaian masker yang ideal 8 jam untuk masker kain, setelah itu sudah harus diganti dan dicuci. Sementara untuk masker medis maksimal 4 jam harus diganti. Masyarakat silakan memilih mau pakai yang mana, namun kalau menurut Suyuti lebih memilih masker kain karena pakainya sampai 8 jam.

Kemudian masih banyak masyarakat yang belum tahu menggunakan masker yang baik dan benar. Ada yang tidak menutup hidungnya. Pengunaan masker yang tepat, menutup mulut, hidung dan dagu, tujuannya supaya orang batuk dan bersin tidak terpercik. yml

 

iklan atas

Pos terkait

iklan atas