Program UMKM Berkah Bantu Pengusaha Lawan Rentenir

  • Whatsapp
Program UMKM Berkah Bantu Pengusaha Lawan Rentenir
UMKM - Gubernur Kalteng Sugianto Sabran launching kredit program melawan rentenir UMKM Berkah serta penyerahan stimulan ekonomi dana intensif, di Aula Jayang Tingang, Palangka Raya, Rabu (23/9). TABENGAN /HUMAS
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Pemprov Kalteng benar-benar serius dalam memperhatikan kondisi ekonomi masyarakatnya di sektor usaha kecil menengah.

Terkait itu, Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran melaunching kredit program melawan rentenir, Usaha Menengah Kredit Mikro (UMKM) Berkah.

Program tersebut juga didukung Corporate Social Responsibility (CSR) PT Bank Kalteng. Tidak hanya itu, orang nomor satu di Kalteng tersebut juga menyerahkan secara langsung bantuan stimulan ekonomi Dana Insentif Daerah (DID),  di Aula Jayang Tingang Lantai II, Rabu (23/09/2020).

Kegiatan tersebut juga dihadiri Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki, melalui video conference.

Ikut serta juga sejumlah bupati dan Direktur PT Bank Kalteng, hingga jajarannya se Kalteng secara virtual.

Terkait itu gubernur menuturkan, pemprov melakukan sinergitas dengan PT Bank Kalteng dalam melaksanakan program UMKM Berkah.

Untuk penyerahan bantuan secara simbolis diserahkan kepada Wakil Walikota Umi Mastikah, pelaku UMKM, Kepala Sekolah dan Perwakilan Pelajar.

“Ini dalam rangka membantu pelaku UMKM, agar tidak terjerat pinjaman bunga tinggi dari rentenir,” ujarnya disela-sela kegiatan itu. Sugianto menambahkan, dalam tahap awal program ini akan disalurkan bantuan langsung kepada 2.171 pelaku UMKM dan kredit melawan rentenit UMKM Berkah kepada 294 debitur.

Selain itu, untuk CSR dari Bank Kalteng yang merupakan dukungan terhadap UMKM Berkah berjumlah Rp10 miliar. Masing-masing pelaku usaha kecil dan menengah serta debitur terkait akan menerima bantuan langsung sebesar Rp 500 ribu.

Dalam acara itu, Sugianto juga menyerahkan stimulan ekonomi DID bagi UMKM yang terdampak Covid-19.

Dituturkannya, dana insentif tersebut senilai Rp3.350.000.000, yang masing-masing per UMKM akan menerima stimulan ekonomi DID sebesar Rp1 juta.

“Dalam rangka peningkatan serta optimalisasi alokasi keuangan pada tingkat pelajar, Pemprov Kalteng yang bersinergi dengan PT Bank Kalteng, melakukan launching program kejar Kalteng Berkah, yaitu pembukaan bagi 20 ribu rekening, untuk satu rekening satu pelajar se Kalteng,” jelasnya.

Sementara itu Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki secara virtual mengapresiasi langkah-langkah yang dilaksanakan Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran, khususnya terkait memberikan bantuan kepada pelaku usaha. drn

 

 

iklan atas

Pos terkait

iklan atas