Riduanto: Perlu Tim Khusus untuk Maintenance Drainase

  • Whatsapp
Riduanto: Perlu Tim Khusus untuk Maintenance Drainase
Anggota DPRD Kota Palangka Raya Riduanto
iklan atas

PALANGKA RAYA – Meningkatnya curah hujan di Kota Palangka Raya, beberapa waktu terakhir, membuat masyarakat khawatir munculnya genangan air cukup tinggi.

Meskipun dalam hitungan jam, genangan air kembali surut, namun tetap mengganggu aktivitas sehari-hari. Terlebih BMKG dalam seminggu kedepan memprediksi terjadinya hujan dengan intensitas cukup tinggi.

Langkah antisipasi terjadinya genangan air yang terus terulang, anggota DPRD Kota Palangka Raya Riduanto mengusulkan agar Pemerintah Kota (Pemko) setempat segera membentuk tim khusus yang bertugas mencegah terjadinya penyumbatan drainase akibat penumpukan sampah maupun sedimentasi dasar drainase.

“Perlu dibentuk tim khusus yang bertugas melakukan maintenance terhadap drainase dengan pengerukan sendimentasi sampah, sehingga aliran air di selokan atau drainase terus berfungsi. Sebut saja seperti pasukan oranye atau pasukan biru Pemerintah DKI Jakarta,” kata Riduanto, Rabu (23/9).

Dalam implementasinya, Pemko melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) ataupun Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Disperkim), terlebih dahulu membentuk dan menjaring personil yang dibagi beberapa tim.

“Nah tim inilah yang ditugaskan berkeliling memantau, sekaligus membersihkan saluran drainase pada masing-masing titik kawasan wilayah tugasnya,” tutur Politisi PDI Perjuangan ini.

Keberadaan tim khusus tersebut, diyakini Riduanto, mampu memberi dampak positif dalam pencegahan banjir. Bahkan sudah terbukti di daerah lain yang telah menerapkannya.

“Bisa dibayangkan tim ini akan bekerja membuka aliran air pada drainase yang tersumbat. Jadi masyarakat akan sangat terbantu. Sementara unsur pemerintah tinggal memonitor upaya yang telah dilakukan,” ujarnya.

Riduanto menuturkan, gagasan seperti ini tentu harus melalui pertimbangan dalam banyak sisi.rgb

 

iklan atas

Pos terkait

iklan atas