Ben-Ujang dan Sugianto Sabran-Edy Memenuhi Syarat

  • Whatsapp
Ben-Ujang dan Sugianto Sabran-Edy Memenuhi Syarat
Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalteng Sastriadi
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com- Bakal pasangan calon (bapaslon) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Kalimantan Tengah (Kalteng) Ben Brahim Sion Bahat-Ujang Iskandar (Ben-Ujang) dan Sugianto Sabran-Edy Pratowo (Sugianto-Edy) sudah menyelesaikan tahapan pendaftaran. Di saat yang sama, kedua bapaslon sudah menyelesaikan semua persyaratan pencalonan.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalteng Sastriadi mengatakan, tahapan pendaftaran sudah dilalui bapaslon. Syarat pencalonan sudah memenuhi syarat, tinggal menyampaikan hasil verifikasi syarat calon yang sudah selesai dilakukan. Hasil verifikasi syarat calon dibarengi pula dengan penetapan sebagai pasangan calon.

“Pleno penetapan dilakukan di Kantor KPU Kalteng, diperkirakan mulai pukul 08.00 WIB, yang dihadiri oleh seluruh komisioner KPU Kalteng, dan jajaran staf KPU Kalteng. Pleno dilakukan secara tertutup, kemudian hasil pleno tersebut akan disampaikan kepada semua pasangan calon. Hasil pleno berupa penetapan pasangan calon, dan kedua pasangan calon akan mendapatkan salinan SK penetapan tersebut,” kata Sastriadi, di Palangka Raya, Selasa (22/9).

Menurut Sastriadi, KPU Kalteng melakukan pleno secara tertutup bukan tanpa landasan. Berdasarkan Peraturan KPU No 9 Tahun 2020 Pasal 68 ayat (1) KPU Provinsi/KIP Aceh atau KPU/KIP Kabupaten/Kota menetapkan hasil verifikasi persyaratan pencalonan, persyaratan bakal calon, penetapan pasangan calon peserta pemilihan pada rapat pleno dan menuangkan hasil verifikasi dalam berita acara penetapan pasangan calon.

Kemudian pada ayat (2) berdasarkan berita acara penetapan sebagaimana dimaksud pada ayat (1), KPU Provinsi/KIP Aceh atau KPU/KIP Kabupaten dan Kota menetapkan paslon dengan Keputusan KPU Provinsi/KIP Aceh atau KPU/KIP Kabupaten dan Kota. Di ayat (3) KPU Provinsi/KIP Aceh atau KPU/KIP Kabupaten dan Kota mengumumkan hasil penetapan pasangan calon sebagaimana dimaksud pada ayat (2) di papan pengumuman dan/atau di laman KPU Provinsi/KIP Aceh atau KPU/KIP Kabupaten dan Kota.

Sastriadi menjelaskan, berdasarkan acuan tersebut, pleno penetapan paslon dilaksanakan internal atau tidak mengundang pihak lain, dengan kegiatan penetapan paslon peserta Pilkada dengan produk hukum berupa BA penetapan paslon dan SK KPU Provinsi, Kabupaten dan Kota tentang penetapan paslon (berdasarkan BA).

Selanjutnya, kata Sastriadi lagi, tidak dilakukan pleno terbuka dengan kegiatan mengumumkan hasil penetapan paslon, namun pengumuman hasil penetapan paslon berupa pengumuman di papan pengumuman Kantor KPU Provinsi, Kabupaten dan Kota, dan di laman (website) KPU Provinsi, Kabupaten dan Kota. ded

 

iklan atas

Pos terkait

iklan atas