Dewan Imbau Masyarakat Waspada Cuaca Ekstrim

  • Whatsapp
Dewan Imbau Masyarakat Waspada Cuaca Ekstrim
Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K Yunianto
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K Yunianto mengimbau masyarakat kota setempat selalu memperhatikan kondisi dan kebersihan lingkungan terutama saat kondisi cuaca ekstrem.

Hal tersebut dikarenakan dalam beberapa hari terakhir, kondisi cuaca di Kota Cantik kerap diguyur hujan dengan intensitas lebat, disertai angin kencang dan petir.

“Saat ini kondisi cuaca tidak bisa ditebak. Cuaca yang cerah tiba-tiba berubah menjadi hujan lebat disertai angin, maka kami minta masyarakat semakin waspada atas adanya potensi bencana. Selain itu memberikan perhatian terhadap kebersihan di lingkungan sangat penting untuk mencegah adanya genangan air maupun banjir,” katanya, kemarin.

Sigit menjelaskan, pemberian perhatian bisa berupa membersihkan saluran drainase dari genangan sampah agar saluran air tidak tersumbat. Termasuk mengecek pohon berusia tua untuk antisipasi musibah pohon tumbang saat angin kencang melanda.

“Jangan buang sampah sembarangan apalagi di saluran air. Pastikan ranting atau pun cabang maupun batang pohon yang kering dilakukan pemotongan,” imbau politisi PDI Perjuangan tersebut.

Sekretaris DPD PDIP Kalteng ini juga mengingatkan masyarakat agar tidak berada atau berteduh di bawah pohon besar ataupun papan-papan reklame saat terjadi angin kencang dan hujan lebat karena rawan tumbang.

Dirinya mengajak masyarakat kembali menggelorakan semangat gotong-royong dalam memantau kebersihan di sekitar lingkungan tempat tinggalnya.

“Dengan gotong-royong upaya kita untuk peduli terhadap lingkungan semakin ringan. Lingkungan yang indah, rapi dan bersih pun akan tercipta sehingga selain potensi bencana diminimalkan, ancaman berbagai penyakit musiman pun dapat ditekan. Juga kepada pemerintah kota melalui instansi terkait dapat mendorong masyarakatnya meningkatkan upaya pengelolaan lingkungan,” tutupnya.rgb

 

 

 

 

iklan atas

Pos terkait

iklan atas